Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keterangan Rosma Selalu Berubah-ubah
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 08-03-2012 | 15:10 WIB

BATAM, batamtoday - Rosma, salah satu terdakwa pembunuhan Putri Mega Umboh yang dijadikan sebagai saksi untuk terdakwa Ujang memberikan keterangan yang selalu berubah-ubah saat ditanyai oleh Majelis Hakim. 

Dalam persidangan lanjutan yang digelar di PN Batam pada Kamis (8/3/2012), saksi Rosma menerangkan saat peristiwa pembunuhan tersebut dia melihat Ujang terlebih dahulu menusuk korban, baru kemudian Mindo menggorok lehernya. Padahal saat memberikan keterangan sebelumnya, Rosma mengatakan bahwa Mindo lah yang pertama sekali menggorok leher korban, selanjutnya Ujang menusuknya hingga berkali-kali.

Mendengar jawaban Rosma yang berubah-ubah, pengunjung sidang langsung bersorak. 

"Mana keterangan kamu yang benar. Saat jadi saksi untuk terdakwa Mindo kamu bilang digorok dulu baru ditusuk. Sekarang malah beda, ditusuk dulu baru digorok. Mana yang benar," tanya ketua majelis hakim Reno Listowo kepada Ros. 

Selanjutnya Rosma mengatakan kalau korban digorok dulu oleh Mindo yang selanjutnya ditusuk sama Ujang. 

Demikian halnya saat ditanya hakim apakah Rosma melihat Ujang mengikat tubuh korban, Ros mengatakan tidak melihat sama sekali. Padahal pada kesaksian sebelumnya Ros mengatakan melihat Ujang mengikat korban dengan alasan takut hidup lagi. 

Jawaban Ros tersebut juga mendapat sorakan pesimis dari pengunjung sidang.