Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjaun UNBK 2019 di Kepri

Gubernur, Wagub dan Sekda Kepri Motivasi Siswa/i Peserta UNBK
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 26-03-2019 | 09:52 WIB
din-un.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Isdianto dan Sekdaprov TS Arif Fadillah, memberikan semangat dan motivasi pada siswa dan siswi SMA/SMK yang tengah melaksanakan Ujian Nasional (UN), Senin (25/3/2019).

Semangat dan motivasi dari pejabat tinggi di Kepri itu disampaikan saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompter (UNBK) di sejumlah sekolah wilayah Kepri.

Pelaksanaan UNBK dan Ujian Berbasis Kertas Pensil (UNKP) pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara nasional akan berlangsung selama 4 hari pada 25-28 Maret 2019 yang dalam satu hari menguji tiga sesi ujian mata pelajaran.

Sesaat sebelum ujian, Gubernur H Nurdin Basirun melakukan peninjaun pelaksanaan UN tersebut ke SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Kepada seluruh siswa, Nurdin mengatakan, salah satu kunci utama agar pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan lancar adalah ketenangan.

"Ketenangan sangat dibutuhkan dalam menjalankan setiap rangkaian ujian. Kalau kita tenang Insya Allah apa yang telah adik-adik pelajari selama sebelum ujian akan menjadi modal untuk menjawab soal," ujar Nurdin.

Gubernur pun yakin bahwa anak-anak di Kepri mampu untuk menuntaskan UN dengan target lulus 100 persen sebagaimana yang selalu digaungkan di sekolah-sekolah setiap tahunnya.

"Tahap persiapan memang paling utama, siswa harus belajar dengan giat dan para guru pun harus terus memberikan motivasi dan bahan ajar yang maksimal dan yang paling penting adalah terus berdoa," lanjut Nurdin.

Pemerintah, dikatakan Nurdin terus meningkatkan kualitas pendidikan di semua lini sehingga terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas sebagai tonggak penerus masa depan.

Sementara di SMK Negeri 1 Batam, Wakil Gubernur Kepri Isdianto, juga melakukan peninjuan, kepada siswa/siswi. Isidianto mengingatkan, agar pelajar yakin dengan kemampuan yang dimiliki serta berdoa sebelum nejawab ujian.

"Bapak hanya ingin mengingatkan, kunci keberhasilan pada siswa-siswi adalah kedisiplinan, karena dengan tepat waktu semua pekerjaan bisa diselesaikan," ujar Isidianto, saat melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018/2019 di SMK Negeri 1 Batam, Kecamatan Batuaji,Kota Batam, Senin (25/3/2019).

Pada kesempatan itu, Isidanto menambahkan, agar siswa juga meminta restu dari kedua orangtua serta guru, hingga pelajar dapat menyelesaikan UN dengan baik.

Isidanto juga menjelaskan, aktivitasnya yang turun ke SMK diseluruh Kepri, bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi, untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi sekolah maupun para gurunya.

"Setiap kekurangan yang dimiliki, hendaknya dijadikan tolak ukur dan menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran dan menambah pengalaman," katanya.

Dengan belajar yang baik, Isidanto menyatakan, siswa dan siswa yang saat itu melaksanakan ujian, akan mendapat hasil yang maksimal, dan diharapkan, setelah tamat SMK bisa membuka lapangan pekerjaan dan memberi manfaat bagi orang lain.

Di SMK Negeri 1 Tanjungpinang, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah juga melakukan pelaksanaan UNBK. Kepada siswa peserta UN, Arif mengatakan, pemerintah selalu mendorong dan mendukung agar sekolah-sekolah di Kepri, menghasilkan lulusan yang berkualitas yang nantinya akan bersama sama membangun Kepri.

"Kalian adalah penerus nantinya yang akan menggantikan kami. Jadilah generasi berkualitas yang akan menjadi tumpuan dan harapan untuk membangun Kepri yang lebih baik ke depan," ujar Arif saat memberikan arahan kepada para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional di SMKN 3 Tanjungpinang.

Kepada anak didik yang akan mengikuti Ujian Nasional, Arif juga berpesan agar sebelum mengerjakan soal, sebaiknya terlebih dahulu berdoa kepada yang Maha Kuasa agar dimudahkan dalam menjawab pertanyaan ujian.

Selain itu, tentunya persiapan yang matang dengan belajar yang sungguh-sungguh serta meminta doa dari orangtua merupakan juga merupakan salah satu cara agar kita dimudahkan dalam berbagai urusan.

"Salah satu rahasia sukses sehingga saya berdiri disini adalah berkat doa dan ridho orangtua. Oleh karena itu sebelum ujian ada baiknya meminta maaf kepada kedua orangtua. Ridho Allah adalah ridho orangtua. Jika Allah sudah ridho segala urusan akan menjadi mudah diselesaikan," saran Arif.

Editor: Gokli