Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Gol di Camp Nou, Barcelona 7-1 Leverkusen
Oleh : redaksi/Mg
Kamis | 08-03-2012 | 09:37 WIB
Messi.jpg Honda-Batam

Lionel Messi, 5 gol yang dilesakanya ke gawang Leverkusen membawa Barcelona lolos sekaligus mencetak rekor baru dalam sejarah Liga Champion. Foto:UEFA.com

BARCELONA, batamtoday - Barcelona berhasil pecundangi raksasa Jerman, Bayern Leverkusen dengan skor telak 7-1. Hujan gol ini membuat publik Catalan tersenyum lebar, mengingat rekor baru telah tercipta dalam sejarah Liga Champion Eropa.

Bertanding di depan publik sendiri, Kamis(8/3/2012), Barcelona sebenarnya tampil degan tempo yang sedikit lambat. Mereka lebih mementingkan penguasaan ball posision dengan sesekali melakukan tusukan. Strategi yang diterapkan pelatih Pep Guardiola tersebut ternyata cukup efektif.

Pada 20 menit babak pertama berlansung, sebenarnya Bayern Leverkusen mampu mengmbangi permainan Barcelona. Hanya saja memasuki menit ke-25, pertahanan klub elit asal Jerman itu mulai kocar-kacir. Terobosan lambung Xavi Hernandez, Messi, yang lolos dari jebakan offside, langsung mencungkil bola melewati Bernd Leno. Skor pun berubah 1-0 untuk Barcelona.

Ketinggalan 1 gol, membuat Leverkusen meningkatkan serangan. Hanya saja mereka tidak mampu membobol pertahanan Barcelona. Alih-alih menciptakan gol, Leverkusen justru kecolongan degan gol kedua Messi pada menit ke-44.

Tendangan terukur dilesakan Messi ke pojok kanan gawang Leno dari tengah kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Barca, yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, keadaan tetap tidak berubah. Leverkuses seperti kehilangan kepercayaan diri untuk menyerang. Sejumlah pemain terlihat memilih menjaga pos pertahanan.

Babak kedua baru berjalan sekitar 10 menit, Messi kembali tampil jadi mimpi buruk Leverkusen. Penyerangan mungil ini kembali membobol gawang Leno melalui umpan terobosan Fabregas.Skor pun berubah menjadi 3-0.

Beberapa menit berselang, giliran Cristian Tello yang diturunkan Pep Guardiola sebagai tandem Messi, berhasil menyumbang gol. Penyerang berusia 20 tahun itu menceploskan bola setelah berhasil memanfaatkan assist Fabregas. Barca 4-0 Leverkusen.

Memasuki menit ke 58, Messi kembali menambah pundi-pundi golnya. Ia berhasil membawa Barcelona unggul 5-0.

Pesta gol dan riuhnya penonton Cam Nou seakan tak berhenti disitu. Beberapa menit setelah gol Ke-4 Messi, giliran Cristian Tello yang menambah jumlah perbendaharaan golnya. Melalui umpan Dani Alves, pemain muda yang sempat dipinjamkan ke Espanyol itu berhasil membawa Barcelona unggul 6-0.

Pertandingan leg kedua Liga Champion ini seakan milik Messi dan Cristian Tello. Berkali-kali dua pemain ini berhasil menjebok pertahanan Leverkusen. Setelah unggul 6-0, Messi kembali menutup pesta gol dini hari tadi dengan gol ke-5 nya yang membawa Barcelona unggul 7-0.

Gol kelima Messi itu dikreasikannya lewat sepakan keras ke pojok kanan atas gawang Leno dari depan kotak penalti Leverkusen. Skor berubah menjadi 7-0 untuk keunggulan Barca.

Sementara itu, gol hiburan Leverkusen tercipta pada menit ke-90 dicetak Karim Bellarabi dengan sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti Barca ke tiang jauh Victor Valdes usai lolos dari kawalan pemain Azulgranas berkat kerja sama satu dua dengan Simon Rolfes.

Hasil 7-1 ini membawa Barcelona lolos ke babak berikutnya setelah agregat kedua tim terpaut cukup jauh. Barcelona 10 - 2 Leverkusen, karena pada babak pertama Barcelona berhasl menang 3-1.