Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Turis Singapura Tewas di Perairan Depan Bintan Lagoon Murni karena Tenggelam
Oleh : Harjo
Senin | 25-03-2019 | 12:16 WIB
ilustrasi-diving.JPG Honda-Batam
Ilustasi kegiatan menyelam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Seorang pegawai akuntan di Singapura, Yeo Boon Han (37), yang meregang nyawa usai melakukan kegiatan wisata diving dan snorkeling di perairan depan Bintan Lagoon Resort, murni karena tenggelam.

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Arbaridi Jumhur, kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan, WN Singapura tewas di depan perairan Bintan Lagoon Resort dan perairan Tanjung Berakit, Kecamatan Tuksebong, Kabupaten Bintan, pada Sabtu (23/3/2019) sekitar pukul 14.20 WIB.

Berdasarkan keterangan dokter rumah sakit (RS) yang menangani korban, ungkap Jumhur, pihak rumah sakit secara umum menyatakan korban meninggal karena tenggelam.

"Keterangan dokter rumah sakit secara umum karena tenggelam, belum ada lebih rincinya," terang Jumhur.

Sebelumnya, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan, wisatawan tersebut melakukan diving dan snorkeling dari tour and travel Singapura, yang bekerjasama dengan tour and travel diving Seaborne.asia live on board www.gs-diving.com Batam.

"Saat melakukan penyelaman dan selang beberapa waktu, saat timbul di permukaan air laut, kondisinya diduga sudah dalam keadaan tidak bernyawa," ungkap Kapolres Bintan.

Wisatawan tersebut lanjut Boy, ditemukan pertama kali oleh salah satu anggota TNI AL. Selanjutnya bersama warga setempat langsung dilakukan evakuasi menggunakan kapal pribadi ke Puskesmas Desa Berakit untuk dilakukan pertolongan. Ternyata, nyawanya sudah tidak tertolong.

"Saat ini, jasad korban yang berkewarganegaraan Singapura itu sudah dibawa ke RSUD Provinsi Kepri di Tanjungpinang," terangnya.

Manajemen Bintan Lagoon Resort menyatakan tewasnya wisatawan Singapura, Yeo Boon Han (37), dalam kecelakaan saat diving dan snorkeling, tidak ada kaitanya dengan hotel dan kawasan wisata Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan.

Direktur HRD Security Safety Bintan Lagoon Resort, Muridan Simanullang, juga memastikan korban mengalami kecelakaan bukan di kawasan wisata Bintan Lagoon Resort. Keberadaan korban Yeo Boon Han bukan juga, kata Muridan, bukan merupakan tamu atau wisatawan yang berkunjung ke kawasan mereka.

Lokasi kejadianya itu bukan di area perairan kawasan Bintan Lagoon Resort. Dan kecelakaan yang menewaskan wisatawan itu, tidak ada kaitanya dengan Bintan Lagoon Resort. Karena bukan touri dan wisatawan Bintan Lagoon," ujar Mariden kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (24/3/2019).

Editor: Chandra