Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Deklarasi Damai, Awali Kampanye Pemilu 2019 di Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 24-03-2019 | 19:32 WIB
kampanye-damai-pinang.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul saat melepas Pawai Kampanye Damai di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Ahad (24/3/2019). (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kampanye Pemilu 2019 di Kota Tanjungpinang, diawali dengan deklarasi kampanye damai partai politik. Deklarasi itu dilaksanakan KPU dan Kesbangpol Kota Tanjungpinang bersama sejumlah caleg dan Parpol di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Ahad (24/3/2019).

Deklarasi kampanye damai dibuka langsung oleh Wali kota Tanjungpinang, H.Syahrul bersama Kepala Kesbangpolinmas, KPU, Bawaslu, Kapolres Tanjungpinang, bersama sejumlah pimpinan dan simpatisan Parpol. Dalam kegiatan itu ada pembacaan puisi, penandatanganan deklarasi kampanye damai serta Pawai bersama seluruh Parpol keliling kota Tanjungpinang.

Kepala Kesbanpol Kota Tanjungpinang, Wankamar mengatakan, deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 ini bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang damai, aman dan tertib serta meningkatakan kesadaran Parpol, simapatisan dan masyarakat dalam menyukseskan pemilu 2019 yang Luber (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia).

"Deklarasi kampanye damai terbuka ini dilaksanakan seluruh pengurus dan simpatisan parpol pemilu, serta pemenangan Pilpres 2019 dalam menciptakan kampanye yang damai, dalam mensukseskan Pemilu 2019," ujar Wankamar.

Wan juga berharap, dengan pelaksankan Kampanye damai bersama itu, semua simpatisan dan pengurus Parpol di Kota Tanjungpinang dapat menghimbau seluruh masyarakat, agar menjaga ketertipan dan kondusifitas kemanan kota Tanjungpinang dengan tidak menyebarkan berita hoak yang dapat memecah belah bangsa.

Di tempat yang sama, Ketua KPU kota Tanjungpinang, Aswin Nasution juga mengatakan, Pelaksanaan kampanye Pemilu 2019 idealnya dapat dimanfaatakan Partai Politik untuk memperkenalkan visi dan misi serta citra dan haluan parpol dalam Pemilu.

"Dengan semakin dekatnya pelaksanaan pemilu hendaknya dapat dimanfaatkan Parpol dan Caleg, untuk menyampaikan visi dan misi serta program kerja partai dalam memberikan pendidikan politik pada masyarakat," ujar Aswin.

Selain itu, KPU juga menghimbau seluruh Caleg dan Parpol agar dalam berkampanye, tidak membawa isu, suku, Ras dan agama serta berita Hoaks yang dapat memecah belah bangsa.

"Melalui kampanye damai ini, kami mengharapkan, seluruh stakeholdder, dapat mengambil bagian mensukseskan pelaksanan Pemilu 2019 di kota Tanjungpinang," tegasnya.

Usai melaksanakan penandatangan pernyataan deklarasi kampanye damai, sejumlah kendaraan pawai dengan atribut Partai Politik, dilepas wali kota Tanjungpinag, KPU, Bawaslu, serta Kapolres Tanjungpinang, dari lapangan Pamedan, menuju jalan Wiratno, Batu hitam, Tepi laut, jalan Teuku Umar, Batu II, III dan batu lima dan batu VI, menuju RSUP Kepri. Selanjutnya, Pawai memutar balik ke daerah Bintan Center arah batu 7 untuk kembali ke lapangan Pamedan.

Editor: Dardani