Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantan Dubes Ingatkan Bawaslu Perketat Pemilu di Malaysia
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-03-2019 | 19:16 WIB
dino-dubes.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal. (Foto: Kontan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diharapkan memberikan perhatian khusus terhadap potensi kecurangan Pemilu yang terjadi di luar negeri, tidak terkecuali di Malaysia.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal mengungkapkan, pihaknya mendapatkan banyak keluhan dari para calon anggota legislatif (caleg) tentang maraknya kecurangan Pemilu di Malaysia.

"Jadi menurut saya penting sekali di Malaysia dilakukan pengawasan yang sangat ketat," katanya saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Dijelaskannya, berdasarkan laporan dari para caleg, ada banyak praktik politik uang di negeri Jiran. Bukan hanya itu, sistem pemilu yang memakai jasa pos untuk mengirimkan surat suara bagi mereka yang lokasinya sulit dijangkau pun dikhawatirkan membuka peluang terjadinya kecurangan.

Pemilu di luar negeri biasanya digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Untuk itu, Dino berharap Bawaslu memberikan perhatian besar bagi sistem Pemilu yang digelar di luar negeri.

"Saya juga berharap di Malaysia bebas dari konflik interest. KBRI dan KJRI harus senetral mungkin dalam melaksanakan Pemilu nanti," tekannya.

Perlu diketahui, Dino menyatakan itu setelah dirinya bersama kawan-kawan menemui langsung Ketua Bawaslu RI, Abhan untuk menyampaikan keluhan para caleg beberapa saat lalu.

"Beliau (Abhan) menyatakan ini memang menjadi perhatian oleh Bawaslu, dan disampaikan memang tidak bisa menjamin 100 persen. Jadi, lubang-lubang itu ada," pungkas Dino

Sumber: RMOL
Editor: Dardani