Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pastikan Pemilu Berlangsung Aman, Tim Gabungan TNI-Polri Gelar Simulasi Sispamkota
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 20-03-2019 | 17:28 WIB
simulasi-pam-pemilu1.jpg Honda-Batam
Simulasi pengamanan kota jelang pemilu 2019. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim gabungan pengamanan Pemilu 2019, yang terdiri dari TNI-Polri gelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) di sport centre Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Kecamatan Sungaibeduk, Rabu (20/3/2019).

Simulasi yang dimulai sedari pukul 09.00 WIB terdiri dari pengamanan proses-proses konflik yang terjadi selama pesta demokrasi 2019, mulai tahap kampanye, distribusi logistik, proses pemungutan suara, hingga penanganan aksi teror di penghujung proses pesta demokrasi seperti penghitungan suara.

Di setiap proses rangkaian simulasi tersebut, tim gabungan selalu mendapati adanya gangguan yang bersumber dari ketidakpuasan akan jalannya proses pemilu. Mulai dari unjuk rasa, hingga aksi teror yang dalam skenario sampai mengakibatkan korban jiwa.

Dengan persiapan yang matang, tim pengamanan berhasil menangkal semua kendala yang ada. Memanfaatkan segala kelengkapan mulai dari kendaraan water canon, bahan peledak, drone tercanggih yang dimiliki Polri, dan helikopter dari BKO Polisi Udara Mabes Polri.

Kabid Supervisi Operasi Mantabrata 3019, Brigjen Pol Suryanbodo Asmoro, berharap agar semua personil yang terlibat dengan pengamanan pemilu 2019 nanti, sangat memahami kondisi di yang terjadi di lapangan. Sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat untuk menguasai keadaan.

"Semua pimpinan harus tahu betul tindakan apa yang harus diambil, tahu langkah-langkah dalam menangani kondisi di lapangan," ujarnya.

Dalam agenda simulasi ini, tim pengamanan dari Polresta Barelang, melalui Kabag Ops Kompol Arwin A Wientama juga menjelaskan, bagaimana para personil mengamankan jalannya pemilu di Kota Batam. Salah satunya menyiapkan pengamanan di titik vital, terkhususnya Kantor KPU.

Ia juga mengatakan bahwa tim pengamanan sejauh ini telah berjaga mengamankan logistik yang ada di KPU. Pihaknya juga akan menyiapkan pengamanan tersendiri untuk ketua KPU Kota Batam.

Editor: Yudha