Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Benfica 2-0 Zenit

Raksasa Portugal Singkirkan Wakil Rusia
Oleh : redaksi/Mg
Rabu | 07-03-2012 | 10:35 WIB

LISBON, batamtoday - Wakil Portugal di Liga Champion, Benfica, akhirnya memastikan diri lolos ke perempat final setelah berhasil menundukan perlawanan Zenit 2-0. Kemenangan ini sekaligus merupakan pembalasan leg pertama dimana Benfica kalah 2-3.

Demi mengejar agregat satu gol, Benfica memutuskan untuk tampil menyerang sejak menit pertama. Mereka ngotot untuk merebut bola dari pemain-pemain Zenit ketika pemain-pemain klub asal Rusia itu menguasai bola.

Dengan bermodal sejumlah pemain veteran yang tergolong tidak muda lagi, sebut saja Jardel dan Cardozo, Benfica mampu menguasai jalanya pertandingan.

Di babak pertama, Benfica berhasil menciptakan lima peluang emas untuk mencetak gol. Namun, penampilan kiper Zenit, Vyacheslav Malafeev, yang gemilang, membuat awak Encarnados kesulitan mencetak gol.

Jardel CS baru bisa memecah kebuntuan pada menit-menit akhir babak pertama. Ketika itu Axel Witsel, yang berdiri di depan gawang Zenit menerima dengan baik umpan silang dari salah satu rekannya. Namun, alih-alih menembaknya, Witsel mengopernya pada Maxi Pereira, yang kemudian diselesaikannya lewat sepak keras ke tiang dekat gawang. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Benfica dan bertahan hingga waktu jedah.

Memasuki babak kedua, pelatih Benfica terlihat memberikan strategi yang tidak berubah. Skuadnya terus berusaha mempertahankan tempo permainan mereka. Namun, kali ini mereka mendapat perlawanan cukup alot dari Zenit. Bahkan gawang mereka beberapa kali nyaris kebobolan.

Menjelang injuritime, melalui skema serangan balik cepat, Nelson Olievera, yang menerima umpan terobosan Bruno Cesar mampu menggandakan keunggulan Benfica menjadi 2-0. 

Dengan hasil ini, klub asal Portugal itu berhak melaju ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 4-3. Sedangkan Zenit, yang unggul 3-2 di leg pertama, harus pulang tersingkir dari kompetisi elit Eropa ini.