PKP

Nikmati Keindahan Alam Pantai Pengudang Bintan Sambil Berwisata Camping
Oleh : Syajrul Rusydy
Sabtu | 09-03-2019 | 12:04 WIB
camping.jpg honda-batam
Suasana menikmati wisata camping di Pantai Pengundang, Bintan. (Foto: Syajarul).

BATANTODAY.COM, Bintan - Hamparan pasir putih terbentang luas, deru ombak menari-nari mengikuti alunan angin yang membawanya hingga terlempar kebibir pantai Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Sungguh suasana alam yang harmonis, dan sangat indah di nikmati. Apalagi, kondisi alam yang masih alami, sangat cocok untuk masyarakat yang ingin melakukan wisata camping.

Begitu juga masyarakatnya yang ramah tamah, membuat jiwa hendak kembali dan menikmati alam di pantai tersebut. Tawaran wisata alam terbuka, menyisakan pegalaman baru dan menyenangkan untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga, maupun teman-teman di Pantai Pengudang.

BATAMTODAY.COM sendiri juga sudah merasakan bagaimana keindahan alam di daerah ini. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikamti liburan. Cukup membawa bekal seadanya dan tenda untuk beristirahat, wisata camping di Pantai Pengudang sudah mampu menghipnotis diri ini dari lelahnya rutinitas sehari-hari.

"Tidak kalah dengan pantai-pantai wisata yang ada di Bintan, sport yang disajikan Pantai Pengudang juga bagus. Meskipun sampah berserakan, karena pantai ini tidak terlihat adanya yang mengelola, tapi ok lah gak jadi masalah," sebut Agus Hariyadi, salah seorang ASN Bintan, yang menyukai dunia treveling, Sabtu (9/3/2019).

Pantai Pengudang, memang masih terbilang kotor, banyak sampah di bibir pantai yang menutupi pasir putih tersebut. Hal ini dikarenakan belum terlihat ada yang mengelola. Namunl ini bukan suatu masalah bagi pencinta alam, untuk menikmati keindahannya.

"Kalau medan menuju Pantai Pengudang tidak begitu sulit. Karena, masih berdekatan dengan jalan raya, tapi jarak tempuh bagi kami yang bertempat tinggal di Kijang, cukup memakan waktu, sekitar 1,5 jam," turur pria yang akrab disapa Adi.

Memang medan yang dilalui menuju Pantai Pengudang juga tidak sulit, karena pantainya masih berdekatan dengan jalan raya. Hanya saja, jarak tempuhnya cukup memakan waktu bagi masyarakat yang bermukim di Kijang, Kacamatan Bintan Timur, Tanjungpinang dan sekitarnya.

"Lokasi kemping ini bagus, cocok untuk para backpacker lokal dan luar daerah. Dengan liburan yang murah, kita sudah dapat menikmati indahnya alam dan pantai," tambah Jamal, rekan Adi yang ikut kemping di Pantai Pengudang.

Menurut Jamal, wisata camping memiliki banyak manfaat. Dengan menikmati kesejukan dan keindahan alam, juga dapat melatih manajemen hidup, melatih ego dan emosi serta mempererat tali silaturahmi sesama teman.

"Camping bersama teman tentunya harus bisa saling belajar mengenal pribadi. Dengan camping kita dapat melatih pribadi mandiri, pribadi yang dewasa dan pribadi yang mampu membangun daerahnya," timpa Jamal.

Editor: Chandra