Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudi Sebut Produksi Iphone Seluruhnya akan Dilakukan di Batam
Oleh : Nando Sirait
Jumat | 01-03-2019 | 11:28 WIB
rudi3.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, H M Rudi. (foto: Nando)

BATANTODAY.COM, Batam - Rencana perusahaan perakit komponen smartphone Iphone, Pegatron Corporation, merelokasi usahanya ke Batam masih terus berjalan. Dalam prosesnya, produk dari Apple ini rencananya akan memproduksi Iphone secara menyeluruh di Batam.

Hal tersebut disampaikan langsung Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Menurutnya, Apple menyatakan akan memindahkan seluruh usahanya ke Batam.

Terkait rencana ini, Rudi mengatakan akan membantu soal perijinan. Dia akan menjamin kelancaran perizinan dan memberikan garansi dan kemudahan masuknya perusahaan ini. Dengan hadirnya perusahaan ini, diharapkan dapat menyerap karyawan dari Batam, sehingga dapat mendukung perekonomian Batam.

"Sudah kita sampaikan kemarin, saya menjamin dengan kemudahan untuk perusahaan," ujarnya, Kamis, (28/2/2019).

Diberitakan sebelumnya, Pegatron Corporation bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada Batam untuk rencana pengoperasiannya di Batam. Pegatron akan membangun pabrik di kawasan Industri Batamindo, Kecamatan Sungai Beduk Batam.

Pegatron diharapkan dapat meningkatkan investasinya di dalam negeri. Saat ini target produksi untuk orientasi ekspor Pegatron bernilai USD 60 juta dalam setahun. Target itu akan terus ditingkatkan dalam dua sampai tiga tahun kedepan.

Tidak hanya itu, Rudi juga mempersilakan perusahaan-perusahaan skala kecil untuk masuk ke Batam. Terlebih investasi kecil masuk Batam, dinilai lebih mudah masuk, karena tidak butuh ijin sampai ke pemerintah pusat.

"Saya tidak minta skala besar. Sedang dan kecil juga tidak apa. Kalau bisa 1.000 pengusaha kita tarik, sudah bisa 200 ribu tenaga kerja, kalau satu usaha 200 pekerja," jelas Rudi.

Lebih jauh, Rudi menjelaskan Pengoperasian perusahaan dari penanam modal asing (PMA), akan meningkatkan kunjungan wisman. Menurutnya, wisata tidak bisa langsung bangkit. Tapi industri harus kita kejar.? "Target 2019, wisman 2,4 juta. Ini bisa tercapai, bukan semata-mata dari parawisata. Industri juga menyumbang wisman," ujar Rudi.

Editor: Chandra