Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hassanal Bolkiah Tournamen 2012

Terkam Filipina 3-0, Garuda Muda Lolos ke Semifinal
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 05-03-2012 | 10:06 WIB
Andi_Vermansyah.jpg Honda-Batam

Adik Vermansyah, striker mungil timnas Indonesia U-21. Dua gol yang diciptakan dari kakinya membawa garuda melaju ke Semifinal HBT 2012. Foto:batamtoday

BRUNEI, batamtoday - Timnas Indonesia U-21 berhasil menghempaskan Filipina dengan skor telak 3-0. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan anak asuh Widodo C Putro itu ke Perempat Final Hassanal Bolkiah Tournament (HBT) 2012.

Dalam pertandingan yang dilansungkan tadi malam, Minggu (5/3/2012), Indonesia membuka kemenangan dengan gol Andik Vermansyah saat pertandingan baru berjalan 17 menit. Bola muntah dari sepakan bebas berhasil dimanfaatkan penyerang mungil ini untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Unggul 1-0, Indonesia belum puas. Dengan kondisi yang berada di atas angin, tim besutan pelatih widodo C Putro tak sedikitpun mengendorkan daya serangnya. Situasi itu membuat Indonesia kembali dihampiri peluang. Namun sayang, dua di antaranya hanya berujung sia-sia. Performa apik Paulo Pascual di bawah mistar gawang Filipina menjadi penyebabnya. Meski begitu, Indonesia tak berhenti. Upaya yang ditunjukkan anak asuh Widodo C. Putro itupun membuahkan hasil. Tepatnya menit ke-44, Indonesia mendapatkan sebuah kesempatan emas setelah mereka dihadiahi tendangan penalti akibat Andik dijatuhkan di kotak terlarang.

Tanpa ampun, Andik yang menjadi eksekutor pun menghujam gawang Filipina dengan gol untuk kedua kalinya. Gol itu membuat Indonesia unggul 2-0.

Menjelang akhir babak pertama, Indonesia kembali dihampiri kesempatan dan berbuah gol. Hanya saja gol ini dianulis, karena posisi salah satu pemain Indonesia dianggap offside. 

Babak pertama berakhir, dan Indonesia unggul 2-0. 

Memasuki babak kedua, Indonesia lansung mengambil inisiatif menyerang. Keunggulan dengan selisih dua gol itu tak membuat Indonesia mengendorkan daya gedornya. Gol tambahan  kembali tercipta pada menit ke-63. Gol tersebut dicetak oleh Yosua Pahabol yang berhasil memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Andik yang dimentahkan Paulo. 3-0 Indonesia memimpin.

Dengan kemenangan itu, Indonesia kini mengantongi tujuh poin. Unggul atas Laos yang mengumpulkan enam poin dan Singapura yang dipartai terakhirnya harus puas mendapat satu poin. Indonesia pun berhak melaju ke partai semifinal, mendamping Myanmar, sang juara grup.

Di partai semifinal, Andik cs. akan menghadapi Vietnam, sang juara grup B di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Rabu (7/3). Sementara itu, Myanmar masih harus menunggu lawan yang akan dihadapinya di semifinal. Pasalnya, runner-up Grup B baru akan ditentukan pada laga Timor Leste melawan Brunei, Senin (5/3/2012) besok.