Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati HPSN 2019, Polisi Bersihkan Sampah di Sungai Bengkong Sadai
Oleh : Hadli
Kamis | 21-02-2019 | 15:16 WIB
kapolda-hpns1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri bersih-bersih sampah di belantaran sungai Bengkong Sadai. Bersih-bersih ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Kamis (21/2/2019) pagi.

"Keberadaan kita di sini tidak boleh melupakan catatan sejarah, karena 14 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 21 Februari 2005 saudara-saudara kita yang berada disekeliling TPA Leuwigajah Bandung tertimapa musibah longsor dengan 139 jiwa meninggal, 54 mayat di temukan dan 95 orang hilang," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto memimpin apel.

Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 Dengan tema Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai diikuti 2000 personil polisi yang diikuti ASN Kota Batam, Dinas Kebersihan, Ormas, LSM, Pelajar/Siswa SLTA, SLTP, SD dan TK serta Masyarakat Kecamatan Bengkong.

"Sebagai aparatur kita berbicara tentang Undang - Undang RI No 18 tahun 2008 terkait dengan pengelolahan sampah dan mari kita mulai dari dalam diri kita sendiri dengan pola hidup bersih, bersih adalah sebagian dari iman. Kesehatan bukan segalanya akan tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti," jelasnya.

Kapolda menambahkan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak menbuang sampah sembarangan agar lingkungan lebih asri.

"Apalagi membuang sampah dibantaran sungai, sangat dilarang. Untuk itu personil Polisi dan TNI sebagai suri tauladan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang kecintaan terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Menurutnya, sampah yang memadati di sungai ini terbagi tiga yakni sampah rumah tangga, sampah perkantoran, dan sampah restoran yang banyak terdapat dialiran sungai Bengkong sadai tersebut.

"Harapannya, setelah masyarakat diajak untuk melakukan pemungutan sampah dilokasi bantaran sungai, agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Kapolda dan Waka Polda Kepri Brigjen Pol Yan Fotri Halimansyah menyempatkan menggunakan belko untuk mengangkat kubangan lumpur yang dipenuhi sampah. Sampah-sampah itu di masukkam kedalam truk sampah untuk di baung ke TPA Punggur.

Editor: Yudha