Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikirim Pakai Kapal Kayu

Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Pelabuhan Tarempa Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 18-02-2019 | 15:52 WIB
surat-suara11.jpg Honda-Batam
Proses pemindahan surat suara dari kapal kayu ke transportasi darat di Pelabuhan Tarempa. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 124 koli surat suara yang dikirim menggunakan kapal kayu KM Pulau Abadi tiba di Pelabuhan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepualauan Anambas, Senin (18/2/2019).

Menariknya surat suara yang dikirim tersebut dikemas dalam karung dan dilapis terpal biru selama dalam perjalanan. Mungkin keadaan ini menjadi suatu perbedaan dibandingkan dengan daerah lain yang dikirim menggunakan box atau kontainer.

"Ini lah bedanya kita dengan kabupaten/kota lain, dan pusat tak tahu itu. Kita juga sudah berkali-kali jelaskan ke pusat, bahwa geografis Anambas terdiri dari pulau-pulau, tetapi mereka mengganggap daerah ini seperti daratan luas, dan semua proses harus cepat," kata Ketua KPU Anambas, Jufri Budi saat menyaksikan proses bongkar muat kotak suara dari KM Pulau Abadi, di Pelabuhan Tarempa dan turut didampingi oleh Jajaran Polres Anambas, TNI dan Bawaslu Anambas.

Untuk keamanan surat suara, lanjut Jufri, akan diperiksa ketika serah terima dengan pihak ekspedisi PT Cabe Raya. Selama perjalanan 30 jam dari Tanjungpinang menuju Tarempa turut dikawal oleh 3 personil Brimob Polda Kepri.

"Nanti akan kita cek di gudang, karena di gudang akan dilakukan serah terima dengan pihak ekspedisi. Untuk mengetahui kondisi rusak atau tidak, nanti kita periksa di gudang," jelasnya.

Jufri juga menerangkan, agar surat suara tiba di gudang logistik KPU, surat suara harus mengelilingi Pulau Siantan. Pasalnya, kondisi Jalan Selayang Pandang tak dapat dilalui kendaraan roda empat.

"Surat suara harus mengelilingi Pulau Tarempa menuju gudang, karena Jalan Selayang Pandang tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Dan selama perjalanan juga dikawal oleh Brimob Polda Kepri dan Jajaran Polres Anambas," terangnya.

Editor: Yudha