Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Bintan Gelar Latihan Bersama Antisipasi Kericuhan Pemilu 2019
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 18-02-2019 | 15:28 WIB
simulasi-ricuh-pemilu1.jpg Honda-Batam
Latihan bersama antisipasi kericuhan Pemilu 2019 di Mapolres Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan menggelar latihan bersama dalam mengantisipasi terjadinya kericuhan Pemilu 2019 di Halaman Mapolres, Senin (18/2/2019).

Kali ini, jajaran Polres Bintan melibatkan Satbrimobda Kepri dan personil Satuan Samapta, sementara perwira pengendali, Kasat Samapta Polres Bintan, AKP Edy Supandi.

Dalam kegiatan tersebut diikutsertakan juga peralatan khusus pengendalian massa antara lain Mobil Rantis AWC dan sepeda motor raimas milik Polres Bintan. Sementara pola pelatihan meliputi dari teknik negoisator, teknik Dalmas awal dan Dalmas lanjut serta PHH Brimob.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan latihan bersama ini bertujuan untuk menyamakan perseps, dalam pola tindak pengendalian massa berdasarkan tingkat eskalasi di lapangan nantinya yang diawali dari tim negoisator.

Selanjutnya Dalmas Awal kemudian lintas ganti kepada Dalmas Lanjut dan terakhir apabila eskalasi sudah meningkat dan massa tidak bisa dikendalikan maka akan diturunkan Kompi PHH Satuan Brimob.

"Kita melatih dan menyiapkan ini semua dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, tidak menutup kemungkinan situasi kamtibmas akan berubah sesuai dengan dinamika politik yang terjadi secara nasional. Untuk itu sinergitas Kompi Dalmas Polres Bintan dan Kompi PHH, harus segera diwujudkan dalam mengantisipasi dan menangani aksi rusuh massa," ujar Boy.

Personil yang tergabung dalam Kompi Dalmas agar mengerti dengan tugas dan perannya masing-masing antara lain tahapan pengendalian massa, tingkatan eskalsi dan waktu untuk melaksanakan lintas ganti.

Editor: Yudha