PKP

Rakoor dengan DPRD dan Disdukcapil

KPU Pastikan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kepri Sudah Siap
Oleh : Charles
Kamis | 14-02-2019 | 12:16 WIB
jumaga_nadeak.jpg honda-batam
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan KPU dan Bawaslu, Rabu (13/2/2019). Dalam Rakor tersebut, DPRD Kepri mempertanyakan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Provinsi Kepri.

Rakor kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019, yang digelar di ruang rapat Pimpinan DPRD Kepri, itu dihadiri Ketua dan anggota DPRD, KPU, Bawaslu, Disdukcapil serta Kesbangpol Linmas Pprovinsi Kepri.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan, dari pertemuan Raker yang digelar KPU dan Bawaslu Kepri menyatakan persiapan Pemilu 2019 di Provinsi Kepri hingga saat ini sudah maksimal dan siap dilaksanakan.

"Laporan KPU menyatakan pelaksanaan tahapan Pemilu sudah dilakukan, persipan logistik Pemilu sudah diadakan. Tinggal logistik surat suara dan perlengkapan Pemilu Kabupaten Karimun yang belum didistribusikan, karena masih menunggu pengiriman," ujar Jumaga pada wartawan usai memimpin rapat.

Selain masalah logistik yang sudah sampai di tempat tuju8an, kecuali karimun yang masih dalam proses pengiriman, Jumaga menambahakan, dari penjelasan KPU, kota dan surat suara saat ini sudah sampai dan diterima masing-masing KPU kabupaten kota.

"Demikian juga persiapan pelaksanaan teknis dan Personil juga dikatakan sudah siap. Minggu depan direncanakan, tinggal pelaksanaan pelatihan kepada petugas KPPS, serta pelipatan kertas suara," ujarnya.

Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati juga menjelaskan, sejauh ini persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kepri sudah maksimal, baik di segi logistik, personil dan anggaran. Seluruh KPU di Kepri sudah siap melaksanakan Pemilu 2019.

"Dan dalam pelaksanaan Pemilu, kami juga terus melakukan koordinasi dengan TNI/Polri dalam pelaksanaan pengamanan," ujarnya.

Untuk logistik, tambah Sri, hingga saat ini kota suara yang sudah diterima masing-masing KPU Kabupten/kota, saat ini sedang dilakukan perakitan, demikian juga dengan logistik surat suara saat ini sebagian sudah didistribusikan, dan terakhir, tinggal surat suara Pemilu ke Kabupaten Karimun yang menunggu jadwal Kapal pada Kamis,(14/2/2019) untuk pengiriman.

"Untuk Logistik surat suara, hampir 100 persen pendistribusianya sudah dilakukan ke KPU Kabupaten/kota. Tinggal nanti pelaksanaan sortir dan pelipatan yang harus dilaksanakan masing-masing kabupaten/kota,"ujarnya.

Namun demikian, tambah logistik pemilu yang terakhir belum didistribusikan adalah dokumen kertas formulir.

"Yang terrakhir itu, tinggal dokumen formulir aja, karena lagi proses pengadaan. Sedangkan logistik lain seperti kertas, kotak, bilik, tinta, segel, sampul sudah semuanya," ujar Sri.

Pengiriman seluruh logistik, dikatakan Sri dilakukan oleh ekspedisi PT Capi Raya, berdasarkan surat jalan serta berita acara serah terima barang yang dilaporkan oleh masing-masing KPU kabupaten/ kota ke KPU Kepri dan KPU Pusat.

Editor: Surya