PKP

Google Ingatkan Warga Indonesia Menyukseskan Pemilu
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 13-02-2019 | 16:28 WIB
pemilu-google1.jpg honda-batam
Google ingatkan berikan hak suara di Bulan April 2019. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU), search engine terbesar di dunia sekelas google pun ikut serta mengajak warga negara Indonesia untuk menyukseskan pesta akbar, pemilu 2019 yang jatuh pada tanggal 17 April mendatang.

Hal ini terlihat ketika kita mengakses jejaringan pencarian menggunakan jasa search engine yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Bin tersebut.

Di laman akses utama google, di bawah kolom mesin pencari itu tertuliskan kalimat berbahasa Indonesia dengan tulisan 'Berikan suara di bulan April, cek sekarang'.

Menanggapi hal ini, Komisioner KPU Provinsi Kepri Agung Widiyono mengatakan ini terobosan yang luar biasa dari KPU RI. Sebab dalam dunia marketing untuk menyasar mengenalkan produk, KPU harus mencari tempat yang sering dikunjungi orang atau sering dilihat orang.

"Ini yang kita sebut efektifitas dalam melakukan sosialisasi, karena setiap hari, khususnya warga negara Indonesia (WNI) termasuk yang di luar negeri jika ingin info apapun selalu membuka google," lanjutnya.

Ia juga melanjutkan, berdasarkan lembaga riset pasar e-Marketer. Populasi netter tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada tahun 2014.

"Tahun 2017 netter Indonesia mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang dan berada di urutan ke 5 dunia. Dengan modal munculnya tampilan ini di google, semoga efektif dalam meningkatkan partisipasi pemilih di 17 April 2019," pungkasnya.

Dari test yang dilakukan oleh pewarta BATAMTODAY.COM saat mencoba mengklik tulisan tersebut, memang kita langsung terkoneksi ke web kpu.go.id.

Editor: Yudha