Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pamatwil Polda Kepri Jabarkan Kerawan Pemilu 2019 di Karimun
Oleh : Wandy
Jum\'at | 08-02-2019 | 15:40 WIB
rakor-pamatwil-karimun.jpg Honda-Batam
Kunjungan Tim Pamatwil Polda Kepri pada Operasi Mantap Brata Seligi 2019 di wilayah Hukum Polres Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tim Pengamatan Wilayah (Pamatwil) Polda Kepri menjabarkan potensi kerawanan Pemilu 2019 di Kabupaten Karimun. Disebut ada lima indeks kerawanan yang dapat terjadi.

Ketua Tim Pengamatan Wilayah (Pamatwil) Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur, mengatakan, untuk beberapa kerawanan tersebut di antaranya di Kecamatan Moro, Meral, dan Durai.

"Diduga adanya ancaman terhadap pengawas Pemilu via telepon, dan diduga tindak pidana Pemilu tidak penuhi unsur di Gakkumdu, peserta kampanye tidak memiliki izin keramaian karena jarak yang jauh untuk mengurus surat izin tersebut. Pada Pemilu 2014 Presentasi Pemilih Cukup tinggi," kata Rustam, dalam kunjungannya ke Mapolres Karimun, Jumat (8/2/2019).

Dikatakan Rustam, kelima poin tersebut menjadi indeks kerawanan yang perlu menjadi perhatian dari seluruh stakeholder agar hal tersebut tidak terjadi sehingga pada saat Pemilu di Kabupaten Karimun dapat berjalan aman, nyaman serta kondusif.

"Untuk hal prioritas Kabupaten Karimun cukup tinggi, sama halnya dengan partisipasi pemilih. Sedangkan, dimensi keamanan, menurut perspektif keamanan Karimun masih terbilang aman dan kondusif. Meski demikian perlu mengupayakan secara maksimal pelaksanaan Pemilu nantinya agar berjalan dengan baik," kata Dir Reskrimsus Polda Kepri itu.

Ia juga mengingatkan, kerawanan Pemilu juga bisa saja terjadi pada pengawas, penyelanggara, dan pengamanan. "Oleh karena itu di sini mari kita sama-sama mengingatkan," ungkapnya.

Editor: Gokli