Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Lingga Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pemilu 2019
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 04-02-2019 | 19:16 WIB
zamroni-bawaslu-lingga.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu yang digelar pihaknya bagi tokoh Masyarakat Daik Lingga di Aula Hotel Lingga Pesona, Senin (4/2/2019). (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga berharap masyarakat bisa berpartisipasi aktif mengawasi jalannya Pemilu 2019. Menurut Bawaslu pengawasan partisipatif ini dinilai efektif untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam Pemilu.

"Saya berharap masyarakat bisa aktif. Karena pengawasan bisa berjalan lebih efektif jika ada pengawasan partisipatif bersama. Bawaslu perlu bantuan berbagai pihak," ujar Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu yang digelar pihaknya bagi tokoh Masyarakat Daik Lingga di Aula Hotel Lingga Pesona, Senin (4/2/2019) siang.

Peran masyarakat dalam pengawasan, sebut Zamroni, dapat berupa pencegahan terhadap pelanggaran, mengawasi atau memantau proses pemilihan. Serta, memberi informasi awal kepada jajaran pengawas Pemilu dan melaporkan pelanggaran kepada pengawas Pemilu.

"Ini agar Pemilu dapat berjalan damai dan berkualitas. Kita ketahui masa pencoblosan terhitung tinggal 72 hari saja," terangnya.

Tidak hanya masyarakat, Bawaslu Lingga juga merangkul pihak yang dianggap potensial untuk meneruskan informasi terkait pengawasan. Di antaranya seperti mahasiswa, hingga media massa.

Di samping itu, Bawaslu saat ini juga aktif menggelar sejumlah sosialisasi menjelang masa pemilihan 17 April mendatang.

Sementara mengenai sosialisasi pengawasan Pemilu bagi Tokoh Masyarakat di Daik Lingga, Bawaslu mengundang sejumlah tokoh masyarakat hingga Kepala Desa, Lurah, Camat, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lingga, KPPAD, KPU, Polsek setempat serta perwakilan dari masing-masing Partai politik. Kegiata berlangsung dengan diskusi.

Editor: Gokli