Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Masuk Negara Terindah Nomor 6 di Dunia
Oleh : Redaksi
Minggu | 03-02-2019 | 15:32 WIB
komodo3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, salah satu destinasi di Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara

BATAMTODAY.COM - Indonesia masuk daftar negara terindah di dunia nomor 6 versi Rough Guides. Inilah beberapa destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan turis di Indonesia.

Rough Guides merupakan buku dan situs pemandu perjalanan asal Inggris. Sejak dari tahun 1982, Rough Guides sudah menjadi rekomendasi para traveler dunia khususnya dari Eropa.

Di awal tahun 2019, seperti biasanya Rough Guides melansir negara-negara terindah di dunia yang wajib dikunjungi. Dilihat detikTravel dari situs resminya, Jumat (1/2/2019) lalu, Rough Guides mempersembahkan 'The Most Beautiful Countries in the World'. Indonesia ada di peringkat ke-6.

Tak hanya itu, Rough Guides juga melansir beberapa destinasi yang tak boleh dilewatkan turis. Dilihat detikTravel dari laman resminya, Rough Guides menulis 'Things Not To Miss in Indonesia'.

Terdapat 15 poin, termasuk destinasi dan aktivitas wisata. Di peringkat pertama, Rough Guides menulis tentang aktivitas wisata melihat orangutan di Bukit Lawang, Sumatera Utara.

Bukit Lawang masuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Di sini turis bisa melihat orangutan lebih dekat, yang suka menghabiskan waktunya di atas pohon. Sekaligus tentu, diberi informasi jelas tentang kehidupan orangutan dari pemandu setempat.

Sungai Kapuas di Kalimantan menempati peringkat nomor 2 hal yang tak boleh dilewatkan turis di Indonesia. Rough Guides menulis, 'Cruise past mangroves, jungle and stilt villages along Indonesia's longest river'.

Destinasi-destinasi berikutnya yakni Tana Toraja, Candi Borobudur, Ubud di Bali, Gunung Rinjani di Lombok, Pulau Rinca untuk melihat komodo, Pantai G-Land sebagai tempat surfing menantang, Yogyakarta, 3 gili di Lombok (Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno), Cagar Alam Tangkoko di Sulawesi Utara untuk melihat tarsius, melihat Krakatau dan Sumba untuk melihat Festival Pasola.

Rough Guides juga menyebut Indonesia punya banyak spot diving dan snorkeling, serta makanan Indonesia yang begitu menggoyang lidah. 'Indonesia's cuisine is never bland,' begitu pujinya.

Penghargaan 'The Most Beautiful Countries in the World' dengan Indonesia sebagai salah satu negaranya, menjadi optimisme baru bagi pariwisata Indonesia. Setelah sepanjang tahun 2018 kemarin beberapa bencana alam terjadi, kini saatnya pariwisata Indonesia kembali bangkit.

Editor: Surya