Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rakerda Penguatan SDM Bawaslu

Mengawal Pemilu 2019, Butuh Bawaslu yang Profesional dan Berintegritas
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 29-01-2019 | 08:40 WIB
rakerda-bawaslu-di-kepri.jpg Honda-Batam
Rakerda Bawaslu dan Panwas se-Kepri di Kota Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Harjono mengatakan, demokrasi adalah untuk mempersatukan bangsa dan bukan justru untuk memecahbelah bangsa.

Semua persoalan yang bisa memecah belah bangsa dalam Pemilu merupakan tugasnya Bawaslu, hingga dalam mengawal membutuhkan Bawaslu yang profesional dan berintegritas.

"Lakukan dengan baik. Kita sudah punya prinsip dan asas Pemilu, yakni langsung, umum, bebas dan rahasia," ujarnya pada rapat koordinasi daerah (Rakerda) penguatan sumber daya manusia (SDM) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota serta kecamatan se-Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Senin (28/1/2019).

Bawaslu tegas Harjono, tidak boleh memihak dan independensi petugas Bawaslu sangat diuji dalam Pemilu 2019. Menurutnya, agar Pemilu jujur, umum, bebas dan rahasia itu bisa terwujud dibutuhkan Bawaslu yang berintegritas.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Gubernur Kepri Isidanto, dalam sambutannya Isdianto mengatakan, melalui rakerda yang dilaksanakan diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Bawaslu di Provinsi Kepri dalam meningkatkan kinerjanya.

"Kita tahu bahwa atmosfer Pemilu tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Maka seluruh anggota Panwas harus lebih siap dan berintegritas tentunya. Menegakkan keadilan jalannya Pemilu. Berkaca dari penyelenggaraan sebelumnya, hendaknya apa yang dinilai tidak benar agar tidak terjadi lagi di tahun ini," ujar Isdianto.

Pada kesempatan itu, Isdianto juga berharapagar peserta anggota Bawaslu yang mengikuti Rakerja, diimbau dapat lebih serius mengikuti rapat yang dilangsungkan selama tiga hari tersebut.

"Kita semua tentu menginginkan setelah kegiatan ini para anggota Bawaslu dalam bekerja akan semakin baik. Meskipun sebelmnya juga sudah baik. Marilah kita jaga integritas dan tanggung jawab kerja kita masing-masing," kata Isdianto.

Ketua Bawaslu Kepri, M Sjahri Papene mengatakan, rapat kerja daerah pertama yang diselenggarakan Bawaslu Kepri, melibatkan seluruh pengawas Pemilu dari seluruh kabupaten dan kota hingga tingkat kecamatan.

"Tujuanya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dari atas ke bawah dan sebaliknya demi meningkatkan peran dan fungsi pengawasan Pemilu di Kepri," ujarnya.

Dengan Rakerda penguatan SDM Bawaslu yang dilaksanakan tersebut, Ketua Bawaslu Kepri ini juga menegaskan, Bawaslu di Kepri akan bertanggungjawab sepenuhnya atas pengawasan jalannya Pemilu di Provinsi Kepri.

Editor: Gokli