Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Dharma Samudra, Lantamal IV Bersihkan Pantai
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 14-01-2019 | 15:28 WIB
bersih-pantai1.jpg Honda-Batam
Peringatan Hari Dharma Samudra Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Dalam rangka memperinati Hari Dharma Samudra tahun 2019, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang membersihkan Pantai Taman Bahari di Markas Komando (Mako) Lantamal IV hingga ke pinggiran pantai Teluk Keriting Tanjungpinang, Senin (14/1/2019).

Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan, bersih-bersih pantai tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2019. Peringatan hari Dharma Samudera itu juga sebagai bentuk memperingati peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di laut Arapuru pada 15 Januari 1962 silam.

Eko menyebutkan, bersih-bersih sampah ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jajaran Lantamal IV Tanjungpinang. Namun, pihaknya perlu menggandeng seluruh elemen masyarakat, baik jajaran TNI AL, Angkatan Darat, Angkatan Udara, Kepolisian, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang maupun Ormas untuk membersihkan pantai di Tanjungpinang.

"Sampah laut saat ini masih merupakan permasalahan yang harus secara terus-menerus diperangi. Khususnya di Tanjungpinang pada musim tertentu, seperti musim angin utara saat ini, kondisi pasang-surut menjadikan sampah terperangkap memenuhi kawasan pesisir," kata Eko dalam release dari Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

Sementara itu, Sekda Kota Tanjungpinang Riono menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan Lantamal IV Tanjungpinang sejalan dengan tujuan Pemko Tanjungpinang dalam memerangi sampah khususnya sampah laut. Bahkan, Pemko Tanjungpinang juga berupaya merubah cara berpikir (mindset) masyarakat agar tidak membuang sampah di laut.

"Tahun 2018, Tanjungpinang kembali memperoleh piala Adipura. Dan kegiatan yang dilaksanakan Lantamal IV sejalan dengan apa yang diupayakan pemerintah dalam penerimaan Adipura yang persyaratannya dari tahun ke tahun bertambah," tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Asisten Danlantamal IV, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan di Lantamal IV.

Selain itu juga melibatkan personel TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Lantamal IV, Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Fasharkan Mentigi, Wing Udara 2 dan Lanudal TPI, serta Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I. Kegiatan ini juga juga diikuti perwakilan Korem 033/WP, Lanud RHF, Polres Tanjungpinang, Pemerintah Daerah dan Kota Tanjungpinang, KSOP Tanjungpinang, Satpol PP Tanjungpinang serta beberapa organisasi kemasyarakatan.

Editor: Yudha