PKP

Sukses Beternak Telur Puyuh, Boby Chandra Kembangkan Ekonomi Basis Kerakyatan
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 12-01-2019 | 11:04 WIB
ternak-puyuh1.jpg honda-batam
Peternak telur puyuh, Boby Chandra. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Melangkah dari keadaan ekonomi yang terus menurun, Boby Candra warga Kabil sukses menjadi pengusaha telur puyuh di Kota Batam. Dan kini usahanya bisa menghasilkan 7 ribu butir telur puyuh per hari.

Usaha yang digelutinya ini terbilang masih 1 tahun sejak awal Tahun 2017. Tapi saat ini sudah hampir 30 titik ternak telur puyuh yang ia bina melalui organisasi Kepri Bersatu.

"Awalnya dari keadaan ekonomi dan muncul ide untuk berternak burung puyuh. Pertama saya itu tidak beli bibit, tapi beli 300 telur yang dijadikan induk. Dari 300 bibit saat ini hampir 10 ribu bibit," ujar Boby Candra.

Pria yang sehari-hari berkerja sebagai security ini mengatakan dari melakukan ternak telur puyuh muncul gagasan membangun Kepri Bersatu. Tujuannya adalah membangun ekonomi berbasis kerakyatan dengan cara saling bergotong royong.

Mulai dari memberikan pemahaman dan berbagi ilmu kepada masyarakat yang ingin menggeluti ternak burung puyuh secara gratis. Dengan peternak telur puyuh yang sulit mencari pembeli, melalui Kepri Bersatu bisa saling menutupi.

"Saya bantu mulai dari bibit, kandang, hingga sampai burung puyuh ini bisa bertelur. Agar telur yang dihasilkan dan dijual ke masyarakat betul-betul kualitasnya sangat baik. Dan untuk membantu perekonomian masyarakat, agar Batam bisa menjadi tepat produksi telur puyuh," katanya.

Tidak hanya telur yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang, melainkan burung yang sudah habis masa bertelurnya dimanfaatkan Boby sebagai keliner burung puyuh cabe hijau yang berada di kawasan Kabil. Tidak hanya itu, ada juga kuliner sate puyuh, dan telor puyuh tusuk.

Kedepan, ia bercita-cita kotoran burung puyuh bisa dimanfaatkan sebagagi pupuk pertanian hingga menjadi pakan ikan ternak. "Kotoran menjadi pakan ikan kemarin sudah diuji coba. Kedepan akan membuka ternak perikanan," pungkasnya.

Bagi anda yang ingin membeli bibit burung puyuh, telut birung puyuh bisa mengujungi Facebook Boby Candra atau melalui nomor 0895609607227.

Editor: Yudha