PKP

Disnaker Batam Siap Gelar Pelatihan bagi Pencari Kerja
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 09-01-2019 | 13:40 WIB
kantor-disnaker1.jpg honda-batam
Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengawali tahun 2019, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja menyiapkan berbagai pelatihan untuk pencari kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan bahwasanya ini merupakan program untuk meningkatakan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja.

"Dalam rangka meningkatkan keterampilan bagi pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja Batam mengadakan pelatihan untuk periode 2019," ujarnya saat dihubungi pewarta.

Rudi menjelaskan, bahwa pihaknya terlebih dahulu akan melakukan seleksi bagi warga yang ingin mengikuti pelatihan tersebut, seleksi pelatihan sendiri akan dimulai pada tanggal 12 s/d 13 Januari 2019, pukul 9.00 WIB hingga 14.00 WIB di SMP Negeri 3 Sei Harapan.

Sedangkan untuk hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 17 s/d 18 Januari 2019 di Kantor Dinas Tenaga Kerja Batam, sekaligus untuk pendaftaran ulang.

"Bagi warga yang ingin mendaftar di persilahkan dan pendaftaran tidak dipungut bayaran," ujarnya lagi.

Berikut data pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnaker; Pelatihan Scaffolding untuk 50 orang, Rigger untuk 30 orang, AutoCAD muda 25 orang, AutoCAD madya 25 orang, Dasar K3 muda 33 orang, Pipe Fitter 30 orang, Welder dasar 20 orang.

Selanjutnya, teknik pendingin 30 orang, Operator Mobile Crane kapasitas sampai dengan 25 ton kelas III sebanyak 25 orang, dan keselamatan kerja K3 madya 25 orang.

Selain itu ada pelatihan HRD untuk 30 orang, Bahasa Inggris Manufaktur 20 orang, Bahasa Inggris Pariwisata 25 orang, Sales Promotion Girls 30 orang, pelatihan motor roda dua 25 orang, accounting level 1 sebanyak 18 orang. Akuntansi MYOB 30 orang, hydroponik 35 orang, tata rias kecantikan rambut 30 orang, tata rias salon kecantikan 25 orang, teknik komputer 25 orang, dan petugas keamanan(security) 30 orang.

Pelatihan menjahit 40 orang, menjahit garmen 45 orang, welder dasar 20 orang, welder 3/4 G 27 orang, teknisi elektrik 25 orang, house keeping 21 orang, Bahasa Jepang 20 orang, Food and Beverage 28 orang, jasa boga 40 orang, dan operator komputer 30 orang.

Adapun persyaratan bagi calon peserta adalah belum pernah mengikuti pelatihan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja Bata, Tidak sedang bekerja atau belum bekerja dan berusia antara 18 sampai 45 tahun.

Sementara itu untuk warga dengan status pendidikan minimal tamat SLTA diterima untuk hampir seluruh pelatihan, kecuali untuk pelatihan tata rias kecantikan rambut, pelatihan tata rias salon kecantikan, pelatihan motor roda dua, menjahit garmen, pelatihan welder, pelatihan hydrophonik yang disyaratkan minimal SLTP.

Untuk peserta pelatihan HRD minimal berpendidikan Diploma 3, sedangkan untuk pelatihan petugas pengamanan (security) tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan perempuan 159 cm dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Sedangkan berkas yang harus dilengkapi adalah foto copy KTP Batam satu lembar, foto copy AK1 satu lembar, foto copy ijazah terakhir satu lembar, pas photo bewarna latar belakang merah 3x4= 2 lembar. Selanjutnya mengisi formulir yang bisa diambil di https://disnakerbatam.go.id/.

Editor: Yudha