Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakasek SMP Bidang Kesiswaan se-Karimun Ikuti Pelatihan Peningkatan Mutu Non Akademik
Oleh : Wandy
Rabu | 12-12-2018 | 09:52 WIB
pelatikan-karimun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelatihan puluhan Wakasek se-Karimun dalam peningkatan mutu non akademik siswa SMP . (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Guna meningkatkan potensi para peserta didik di bidang non akademik, Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun menggelar pelatihan bagi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan tingkat SMP di Hotel Alisan.

Diikuti sebanyak 60 Wakasek yang terbagi dalam 50 Wakasek urusan kesiswaan, 5 perwakilan Kepsek Karimun MKKS Rayon I dan 5 perwakilan Kepsek Kundur MKKS Rayon II dari 50 sekolah Negeri. Pelaksanaan Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 10-14 Desember 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan potensi yang dimiliki para peserta didik di Karimun khususnya tingkat SMP dapat bersaing pada non akademik di tingkat nasional.

Komitmen Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun ingin menggali potensi yang ada pada anak agar dapat mengikuti olimpiade tingkat nasional. Karena selain anak berprestasi pada bidang akademik, non akademik pun mereka harus bisa berprestasi.

Narasumber Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud, Kasi Bakat Prestasi Subdit Peserta Didik, Retno Juni mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menyamakan visi misi, di mana sebelumnya Kabupaten Karimun pada tahun-tahun lalu belum pernah mengikuti event ini.

"Kebetulan kami dari penyelenggara lomba festival olimpiade Direktorat Pembinaan SMP khususnya di Kemendikbud. Maka posisi kami di sini untuk mensosialisasikan kegiatan kami dengan tujuan menyatukan visi misi. Pasalnya Karimun belum pernah mengikuti event ini," kata Retno kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (12/12/2018).

Pada prinsipnya untuk tingkat SMP itu akan ada perlombaan tingkat nasional dan internasional dan kebetulan ada program nawacita dari Presiden RI terkait dengan PPK di bidang olahraga, liga siswa Indonesia pada tahun lalu digelar perdana dan berhasil.
Namun Karimun belum pernah mengikuti, sementara untuk perwakilan dari Kepri hanya Batam dan Tanjungpinang.

Pihaknya juga berharap kepada Kabupaten Karimun supaya ada perwakilan sampai ke tingkat nasional. Tentu ini merupakan kerja keras dari guru-guru di Karimun untuk memajukan para peserta didiknya.

"Karena saya liat di sini kerja keras para guru sangat luar biasa, maka dari itu jangan hanya Kepala Sekolah dan prasarana saja yang maju, tetapi sumber daya anaknya yang dimulai dari tingkat menengah juga bisa naik," katanya.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Linda Hariani mengatakan, komitmen mereka di bidang SMP ingin menggali semua potensi yang ada pada anak selain akademik, namun di non akademik pun mereka mampu bersaing.

"Siswa-siswi kita sangat berbakat dan guru-guru kita memiliki potensi. Mungkin karena kurangnya pembinaan, maka dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kami ingin memberikan gambaran kepada Wakil Kepala Sekolah bahwa yang namanya prestasi itu tidak hanya di akademik saja, namun di non akademik pun kita bisa," kata Linda, Rabu.

Linda optimis para siswa-siswi SMP di Karimun bisa sampai ketingkat nasional. Sebab menurut dia pada 2018 ini, ada 3 dari 5 perlombaan yang dilaksanakan di tingkat nasional dan Karimun bisa tembus 3 perlombaan di tingkat nasional itu.

"Salah satunya olimpiade sains pada cabang Matematika, Olimpiade siswa Nasional seperti O2SN di cabang Karate bahkan kita diperingkat ketiga dan Festival Senin Siswa Nasional cabang gitar solo. Maka dengan prestasi yang dimiliki para peserta didik ini kami optimis siswa-siswi SMP di Karimun bisa sampai ke tingkat nasional bahkan internasional," ucapnya.

Perwakilan Wakasek Boby Hartanto mengatakan, apa yang disampaikan oleh narasumber dari Kemendikbud tersebut sangat banyak ajang-ajang perlombaan yang bisa diikuti. Menurut dia dengan ilmu yang didapat hari ini sangat berguna serta bermanfaat.

"Dengan adanya ini menguatkan kami lebih bersemangat lagi dan termotivasi untuk melihat bakat-bakat yang dimiliki oleh para siswa. Sehingga apa yang disampaikan sosialisasi ini, mudah-mudahan Karimun kedepannya bisa mengikuti ajang olimpiade tingkat nasional," harapnya.

Editor: Gokli