Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Capella Honda Kepri Kampanye Keselamatan Berkendara di Sekolah dan Instansi Pemerintah
Oleh : Irwan
Selasa | 11-12-2018 | 14:05 WIB
edukasi-safety-ridding11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Edukasi Safety Ridding kepada pelajar di Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menutup program kerja di semester dua tahun 2018, tim Safety Riding Capella Honda menghelat acara edukasi keselamatan berkendara di 2 sekolah dan 1 instansi pemerintah. Yang pertama mendapat kesempatan adalah SMP Negri 28 Batam, kemudian di Kantor Camat Batam Kota dan SMP Gurindam Boarding School.

Sebanyak 80 siswa/siswi SMPN 28 menjadi perwakilan kelas mengikuti edukasi. Edukasi itu, mendapat penjelasan tentang pentingnya berperilaku sopan dan mengikuti tata tertib saat berada di jalan raya. Saat ditanya oleh instruktur tentang posisi pejalan kaki di jalan raya seluruh peserta serentak menjawab di sebelah kiri badan jalan.

"Bukan disebelah kiri adik-adik. Kalau di jalan yang tidak ada trotoamya kita harus berjalan menghadap/berlawanan dengan arus lalulintas. Supaya kita tidak dilanggar dari belakang dan bisa cepat menghindar kalau ada kendaraan yang hilang kendali," kata instruktur Safety Riding Capella Honda wilayah Kepri, Budi Winarto.

Berbeda dengan materi yang disampaikan di SMP Negri 28, di kantor Kecamatan Batam Kota ada sesi dengan menggunakan simulator berkendara Honda Riding Trainer. Simulator berkendara Honda Riding Trainer, menurut Budi saat ini hanya dimiliki oleh Honda dan digunakan sebagai alat untuk belajar mengidentifikasi bahaya dan bagaimana menghindarinya bagi calon pengendara.

Sedangkan kegiatan di SMP Gurindam Boarding School tidak jauh berbeda dengan SMP Negeri 28. "Kita Tentu berbeda jika yang diedukasi adalah anak-anak TK atau SD," ujar Budi.

Sepanjang tahun 2018 hingga bulan Deaember ini tim Safety Riding Capella Honda telah mengunjungi 18 sekolah dari berbagai jenjang pendidikan serta 1 universitas. Dengan total jumlah peserta edukasi mencapai lebih dari 2.000 orang.

"Sepanjang tahun 2018 ini kami juga terus mengkampanyekan tagline Safety Riding Honda yaitu 'Cari Aman'. Cari Aman saat naik motor artinya pakai helm dan jaket, biar berkendaranya tetap gaya" tutup Budi.

Editor: Yudha