Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Bantah Kecolongan Atas Insiden di Nduga
Oleh : Redaksi
Senin | 10-12-2018 | 17:28 WIB
jenazah-korban-penembakan-kkb.jpg Honda-Batam
Evakuasi jenazah korban penembakan KKB di Nduga, Papua. (Foto: Polda Papua)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polri membantah kecolongan atas terjadinya pembantaian di Yigi, Kabupaten Nduga pada Ahad (2/12/2018). Polisi telah melakukan pemetaan kekuatan maupun potensi konflik beberapa pekan sebelum 1 Desember 2018 yang bertepatan dengan Hari Jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menuturkan pemetaan sebenarnya sudah maksimal. Mengenai kejadian yang terjadi, Dedi mengatakan, bila pemetaan tidak dilakukan, bisa saja terjadi konflik yang lebih besar. "Nah kalau tidak dilakukan itu (mapping), mungkin terjadi lebih besar," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/12).

Dedi mengatakan, kelompok bersenjata di Papua memiliki basis-basis sendiri yang sudah diketahui TNI Polri. Sehingga, TNI Polri bersinergi di lapangan untuk pengejaran dan mempersempit ruang gerak pasukan bersenjata.

Namun, diakui Dedi wilayah kondisi geografis Papua yang luas, berbukit bukit, bergunung gunung serta cuaca ekstrem menjadi kendala tersendiri bagi aparat. Selain itu, kesulitan jalur komunikasi juga memperumit aparat untuk memprediksi pergerakan di hutan.

"Dengan menggunakan HT saja sangat terbatas juga jangkauannya. Jakan satunya menuju ke lokasi jalan nggak ada kendaraan satupun ke lokasi tidak ada, jalan kaki," kata Dedi Prasetyo.

Dedi pun mengklaim, aparat TNI Polri terus mendesak kelompok bersenjata. TNI dan Polri, kata Dedi juga telah mengetahui kekuatan kelompok bersenjata tersebut. "Kekuatan mereka beberapa puluh orang memiliki beberapa pucuk senjata pabrikan maupun senjata rakitan," ujar dia.

Diketahui terjadi pembunuhan sejumlah pekerja PT Istaka Karya proyek pembangunan jalur Transpapua, Distrik Yigi, Nduga, Papua pada Sabtu (1/12) dan Ahad (2/12) lalu. Jumlah yang meninggal berdasarkan infoermasi TNI sebanyak 19 orang. Selepas insiden itu, Pos TNI Distrik Mbua juga diserang dan seorang anggota TNI gugur.

Kejadian ini pun kemudian ditindaklanjuti TNI-Polri dengan proses pencarian evakuasi dan perburuan anggota kelompok bersenjata pro Papua merdeka.

Sumber: Republika
Editor: Dardani