43 Wartawan Ikuti UKW di Mapolres Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 08-12-2018 | 13:28 WIB
ukw-tpi1.jpg honda-batam
Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Sujoko bersama penguji dan peserta UKW. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 43 wartawan di Tanjungpinang mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PT Sijori Media Serumpun berkejasama dengan Lembaga Penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta di Rupatama Mapolres Tanjungpinang, Sabtu (8/12/2018).

Dalam sambutannya, Direktur PT Media Sijori Serumpun, Delfis mengatakan, Kegiatan ini untuk membantu para wartawan dari berbagai daerah, sehingga memiliki kesempatan untuk mengukur potensi dalam dalam bidangnya.

"Ada sebanyak 43 peserta, yang terdiri dari calon wartawan Utama 28 orang, Madya 11 orang dan Muda 7 orang," ujar Delfis.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Wakapolres, Kompol Sujoko mengatakan kompetensi wartawan agar menciptakan wartawan profesional dan memiliki kompetensi.

"Wartawan menulis berita dan dibaca semua kalangan melalui media cetak maupun media online. Uji kompetensi ini adalah mengarah kepada profesionalisme wartawan dalam menyampaikan kabar ke masyarakat," ujar Sujoko.

Sujoko menyebutkan dunia maya sangat mempengaruhi salah satunya pemberitaan yang bersifat hoax yang dapat membuat masyarakat resah dan khawatir.

"Wartawan ataupun jurnalis kami mohon sinegritas untuk bersama menciptkan keamanan di Tanjungpinang," kata Sujoko.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan wartawan adalah orang yang terdepan dalam memberitakan berita kepada masyarakat luas. Uji kompetensi ini adalah upaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik,bertanggung jawab dan berkualitas.

"Saya berharap apapun pemberitaan harus sesuai dengan fakta dan jangan ada opini," tutupnya.

Editor: Yudha