BI Siapkan Akses Terbuka untuk Mengetahui Data Inflasi dan Kebijakan Moneter
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 08-12-2018 | 10:52 WIB
cbk-bi.jpg honda-batam
BI Perwakilan Kepri saat mengadakan Capacity Building Kehumasan, Sabtu (8/12/2018). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perkembangan tehnologi dan keterbukaan informasi di era modern ini, merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi saat ini masyarakat Indonesia, terutama para kawula muda sudah termaksud kategori yang kritis terhadap kebijakan Pemerintah Pusat.

Adanya perubahan ini, juga membuat beberapa Departement Pemerintah Indonesia harus segera memperbaiki akses bagi masyarakat dalam mengetahui kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini diakui oleh Asisten Direktur Divisi Relasi Media Massa Dan Opinion Maker Bank Indonesia, Aswin Gantina dalam kegiatan Capacity Building Kehumasan, yang diadakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau, Sabtu (08/12/2018) pagi.

Pihaknya mengakui semakin berkembangnya tehnologi, dan tuntutan keterbukaan informasi publik. membuat Bank Indonesia, terus melakukan berbagai inovasi demi memberikan akses informasi terbaik bagi masyarakat.

"Sebenarnya apa yang kami lakukan saat ini, sudah dilakukan sejak tahun 1999 lalu. Di mana kami saat itu sudah independent dan masyarakat bisa mengakses langsung informasi yang berhubungan dengan perekonomian," ujarnya.

Aswin menambahkan, saat ini beberapa perubahan telah dilakukan oleh Bank Indonesia. Melalui halaman website www.bi.go.id, masyarakat dapat melihat langsung mengenai statistik, publikasi, contact center dan berbagai pilihan lain.

Hal ini dibantu dengan adanya perubahan, dengan beberapa kanal khusus yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang ingin didapatkan. "Untuk daerah kami punya kanal khusus seperti Kajian Ekonomi Regional dari seluruh Provinsi di Indonesia. Dan juga ada kanal khusus Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah (Sekda). Kenapa kita hadirkan kanal ini, karena hal ini sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahu perkembangan ekonomi di daerahnya masing-masing," lanjutnya.

Tidak hanya itu, Aswin juga menambahkan, dalam halaman website yang sama, Bank Indonesia juga menghadirkan kanal khusus yang dapat diakses oleh awak media, bagi menghadirkan dan menyajikan informasi khusus mengenai kebijakan moneter yang berkembang saat ini.

Selain itu juga didukung oleh data survey pelanggan, konsumsi, dan lain sebagainya. Dan diharapkan dapat menjawab mengenai pemberitaan Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah.

"Kami juga lampirkan untuk laporan keuangan daerah setiap tahunnya, dan juga laporan Triwulan sebagai rasa pertanggungjawaban kami bagi masyarakat, serta laporan kami kepada DPR RI," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan demi mendukung peningkatan investasi di Indonesia. Bank Indonesia juga menghadirkan kanal khusus Investor Relation Unit, dimana para calon investor dapat mengkuti mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia dan bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Di tempat yang sama, Kepala Bank Indonesia Perwakilam Kepri, Gusti Raizal Eka Putra menambahkan, bahwa di dalam website yang sama. Juga ada mengenai perkembangan program UMKM yang sudah dijalankan di Kepri.

"Untuk di Kepri sendiri, inovasi dalam memberikan informasi publik sama dengan yang dilakukan oleh BP Batam. Tidak hanya bisa diakses melalui android masing - masing. Kami juga menghadirkan Pustaka di Bank Indonesia, dengan akses langsung yang diberikan bagi masyarakat," tuturnya.

Editor: Gokli