Momen Natal dan Jelang Tahun Baru, Harga Telur Ayam di Batam Merangkak Naik
Oleh : Hendra
Sabtu | 08-12-2018 | 09:52 WIB
telur-naik-2.jpg honda-batam
Butiran telur di Pasar Aviari Batuaji yang mengalami kenaikan harga momen natal dan jelang tahun baru. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momen natal dan jelang tahun baru 2019, harga telur di sejumlah pasar daerah Batuaji dan Sagulung kembali alami kenaikkan.

Pada awal November lalu, harga yang masih dalam kisaran Rp38 ribu per papan itu kini naik menjadi Rp41 ribu sampai Rp42.500.

Pantauan di Pasar Aviari, Batuaji, kenaikan harga ini, kata para pedangang bersumber dari para distibutor utamanya. "Baru seminggu ini naik, kebutuhannya meningkat, apalagi hingga akhir tahun, kenaikan harga itu langsung dari distributor," ujar Esis, salah satu pedangang di Pasar Aviari, Sabtu (8/12/2018).

Kenaikkan harga ini sempat dikeluhkan oleh pembeli, tidak adanya yang mengatur pangsa pasar, sehingga harga kebutuhan bahan pokok seperti telur akan selalu naik setiap hari raya besar dan akhir tahun.

"Ya seperti inilah setiap tahunnya, saat hari raya, natal atau tahun baru, banyak harga bahan yang mendadak naik," keluh Dita, seorang ibu rumah tangga yang saat itu berbelanja di Pasar Aviari.

Sementara itu, di Pasar Sentosa Perdana (SP) Sagulung dan juga pasar utama Perumnas Sagulung, hargapun tidak jauh berbeda. Pedagang mengaku bahwasanya harga telur naik menjadi Rp42 ribu yang semula dari harga Rp38 ribun per papan karena dari distributor awalnya juga telah mengalami kenaikan.

Kenaikkan harga serupa juga terjadi di kios eceran di Pasar Tradisional Perum Griya, Putri Hijau dan pasar kaget pagi di Merlion, Marina, Kecamatan Sekupang.

Herman, seorang pemilik kios harian di Perum Griya mengatakan, harga telur per butir sekarang kisaran Rp1.900 - Rp2.000 yang semula Rp1.500 per butir.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Zarefriadi mengatakan, data yang dikeluarkan Disperindag Kota Batam, harga telur di Pasar Tanjung Pantun, Kecamatan Lubuk Baja Rp43 ribu per papan. Kemudian di Pasar Hang Tuah, Batam Center Rp44 ribu.

"Sedangkan harga satu papan telur di pasar Mega Legenda, Batam Center dijual seharga Rp40 ribu," sebutnya saat sidak beberapa waktu yang lalu.

Kenaikan harga telur ini dipicu oleh kebutuhan musiman yang meningkat menjelang Natal dan tahun baru. Selain itu, naiknya harga pakan ternak seiring melemahnya nilai tukar Rupiah yang sempat terpuruk hingga ke Rp15.200/USD serta menurunnya pasokan di pasar membuat harga telur melambung menjelang akhir tahun.

Editor: Gokli