Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sastrawan NH Dini Meninggal Dunia karena Kecelakaan
Oleh : Redaksi
Rabu | 05-12-2018 | 08:04 WIB
nh_dini.jpg Honda-Batam
Sastrawan NH Dini tutup usia

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kabar duka datang dunia sastra Indonesia. Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau yang lebih dikenal dengan nama NH Dini meninggal dunia. Lewat pesan yang tersebar, Novelis 'Pada Sebuah Kapal' itu disebut meninggal dunia karena kecelakaan pada Selasa (4/12/2018).

"Beliau meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Gombel. Mobil beliau tertimpa muatan truk di depannya saat perjalanan pulang dari tusuk jarum. Diduga gegar otak. Meninggal pukul 16.00 WIB," tulis pesan yang tersebar, Selasa (4/12/2018).

Penulis yang meraih penghargaan SEA Write Award telah menulis lebih dari 20 buku. Sebagian besar novelnya bercerita tentang perempuan.

Saat ini jenazah masih disucikan di RS Elizabeth utk disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri. Bsk (hari ini, red) stlh pukul 12.00 WIB akan dikremasi di pemakaman Kedungmundu Semarang," tulis pesan tersebut.

NH Dini meninggal dunia pada usia 82 tahun. Sepanjang hidupnya, dia telah menelurkan lebih dari 20 karya dan merupakan ibunda dari Pierre Louis

Kronologis kecelakaan
Kepala Bagian Humas Rumah Sakit Elisabeth Semarang, Probowatie Tjondronegoro membenarkan kecelakaan yang dialami NH Dini. Ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Elisabeth, Semarang.

"Terjadi kecelakaan di jalan tol. Ada truk tak kuat menanjak, kemudian mundur dan menabrak kendaraan di belakangnya," kata Probowatie lewat sambungan telepon.

Dia menjelaskan, NH Dini sampai UGD Rumah Sakit Elisabeth dalam kondisi tak sadar. Wanita 82 tahun itu menghembuskan nafas terakhir pukul 16.00 Wib. "Yang jelas meninggal akibat kecelakaan mobil," kata Probowatie.

Selama ini NH Dini tinggal di rumah lansia Banyumanik, Kota Semarang, yang kebetulan menjadi salah satu lembaga binaan rumah sakit Elisabeth Semarang. "Ada rencana hari Jumat kami mau ke sana, kebetulan rumah lansia itu adalah binaan kami," katanya.

NH Dini yang bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin lahir di Kota Semarang pada 29 Februari 1936. Sepanjang hidupnya, dia telah menelurkan lebih dari 20 karya Dia menerbitkan judul novel di antaranya yang populer antara lain, "Pada Sebuah Kapal" (1972), "La Barka" (1975) atau "Namaku Hiroko" (1977), "Orang-orang Tran" (1983), "Pertemuan Dua Hati" (1986), dan Hati yang Damai (1998).

Novelis NH Dini meninggal akibat kecelakaan lalu lintas pada Selasa, 4 Desember 2018. Ibunda dari sutradara film Minions, Pierre Coffin Padang Coffin, kreator film 'Despicable Me'.

Editor: Surya