UEA Gusur Singapura di Posisi Puncak Paspor Terkuat Dunia
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-12-2018 | 17:28 WIB
uae-paspor.jpg honda-batam
Paspor UEA. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Paspor Uni Emirat Arab (UEA) mengalahkan Singapura untuk posisi puncak paspor paling kuat di dunia dalam Indeks Paspor 2018.

 

Indeks Paspor yang dibuat oleh firma penasihat keuangan global Arton Capital, membuat peringkat paspor dunia dengan akses lintas batas yang mereka bawa.

Indeks yang rutin dibuat ini memberikan skor untuk paspor masing-masing negara menurut jumlah negara yang dapat dikunjungi pemegang paspor bebas visa atau dengan visa pada saat kedatangan (visa on arrival).

Menurut indeks 2018, paspor UEA memiliki skor 167, dengan warganya dapat mengunjungi 113 negara tanpa visa, selain memiliki visa yang dikeluarkan saat tiba di 54 negara lain.

Di tempat kedua adalah Singapura. Paspor Singapura memungkinkan pemegangnya memasuki 166 negara bebas visa atau dengan visa pada saat kedatangan.

Dikabarkan Channel News Asia, UAE telah melakukan upaya bersama untuk menjadikan paspornya menjadi salah satu yang paling kuat di dunia.

Pada bulan Desember 2016, paspor UAE memiliki skor bebas visa 122, menempatkannya di posisi ke-27. Kemudian naik sembilan poin menjadi 132 pada 2017. Ini mengambil tempat keempat dengan skor 162 pada Oktober awal tahun ini sebelum mengklaim posisi nomor satu hanya beberapa bulan kemudian.

Ini adalah satu-satunya negara timur tengah yang ada di posisi 20 besar.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani