Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Perawatan Cat Mobil Saat Musim Hujan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-12-2018 | 15:52 WIB
poles-mobil1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Intensitas mencuci mobil biasanya meningkat saat musim hujan. Hal tersebut dilakukan demi menjaga penampilan mobil. Selain itu, beragam cara bisa dilakukan agar cat mobil tak cepat kusam. Mulai dari pemilihan sampo yang tak boleh sembarangan hingga antisipasi.

Nah, dalam merawat cat mobil, sebetulnya tidak sulit. Ketika mencuci mobil, disarankan menggunakan sampo khusus kendaraan. Bisa Anda jumpai di toko aksesori atau tempat cuci mobil profesional. Saat memakai sampo sembarangan, mungkin jangka pendek tak terasa. Namun bisa berdampak buruk dalam jangka waktu yang cukup lama. Beberapa tahun kelak, warna cepat pudar.

"Kandungan Ph-nya harus seimbang, agar tidak merusak cat. Kalau tidak seimbang atau terlalu tinggi maka cat menjadi lebih cepat rusak," jelas Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat.

Dalam membeli sampo, sebaiknya lihat kandungan atau level Ph. Tingkat yang baik untuk cat mobil, lanjut Sapta, harus di bawah 10. Jika lebih dari batasan, kurang disarankan. Selain itu, kurangi parkir di tempat terbuka terlalu lama.

Atau jika kendaraan terpapar air hujan, sampai di rumah baiknya langsung dicuci atau dibilas lagi. Ini upaya menekan timbulnya jamur dan bercak pada bagian bodi. "Cukup dengan itu saja cat mobil bisa lebih awet lagi. Untuk lebih mantap, pemilik mobil bisa melakukan poles dan waxing. Maka jadi terlihat lebih bagus lagi," imbuhnya.

Namun jika terlanjur mengalami masalah, cat memudar parah hingga mengelupas, Sapta menyarankan untuk dibawa ke Auto2000. Dikatakan, bengkel resmi Toyota ini memiliki peralatan canggih. Auto2000 punya ruang pengecatan yang kedap debu. Mereka menjamin hasil pengecatan mulus, bebas bercak dan partikel-partikel lain.

Lantas berapa biaya perbaikan cat mobil? “Untuk biaya pengecatan bergantung pada jenis mobil dan juga seberapa besar bagian yang akan dicat. Perbaikan cat di Auto2000 kisarannya mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 900.000 per panelnya,” lanjut Sapta.

Ongkos pengecatan lebih mahal dari bengkel cat biasa. Sebab warna cat sangat akurat, seperti masih gres dari pabrik. Di laboratorium, mekanik mencari warna cat yang dilakukan dengan bantuan komputer. Penyemprotan dikerjakan oleh tinter yang sangat berpengalaman. Apalagi cat yang digunakan sesuai standar atau rekomendasi dari Toyota Motor Corp – Jepang.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Yudha