Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien DBD Meningkat di Puskesmas Seilekop
Oleh : Gokli/Dodo
Sabtu | 18-02-2012 | 12:03 WIB
Sanny-Tiurniari.gif Honda-Batam

dr Sanny Tiurniari, Kepala Puskesmas Sei Lekop. (Foto: Gokli/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Berbagai jenis penyakit mulai menyerang warga Sagulung salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD). Jumlah pasien DBD pada tahun 2012 diprediksi akan meningkat dari grafik siklus tahun sebelumnya. 

Jumlah pasien penderita DBD di Puskesmas Sei Lekop pada tahun 2011 kemarin sekitar 63 jiwa, sementara dua bulan pertama tahun 2012 mencapai 14 jiwa, dimana pada Januari sekitar 13 orang dan Februari satu orang. 

"Dari data dan grafik perkembangan DBD, tahun 2012 diprediksi akan meningkat dari tahun sebelumnya," papar dr Sanny Tiurniari, Kepala Puskesmas Seilekop, Sabtu (18/2/2012). 

Untuk mengantisipasi peningkatan DBD tersebut, dr Sanny mengharapkan supaya warga Sagulung menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar. Karena penyakit DBD tersebut jika tidak cepat mendapat pertolongan bisa merenggut jiwa. 

"Memang, selama ini belum ada pasein DBD yang meninggal di daerah ini. Sebelum terjangkit lebih baik mencegah dari pada mengobati," katanya. 

Adapun beberapa hal pencegahan yang dimaksud seperti menerapkan 3M yakni Mengubur, Menguras, dan Menutup tempat-tempat yang bisa menampung air. Dengan demikian jentik-jentik nyamuk Aides Agiepty jenis nyamuk penyebar DBD akan terbasmi. 

"Selain 3M, perlu juga melakukan fogging atau pengasapan," ujar Sanny.