Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musisi Bubi Chen Meninggal karena Gagal Jantung
Oleh : Redaksi/detikHot
Jum'at | 17-02-2012 | 14:36 WIB

SEMARANG, batamtoday - Pemusik jazz kawakan, Bubi Chen menghembuskan nafas terakhirnya di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) Rumas Sakit Telogorejo Semarang pada Kamis, (16/2/2012). Bubi Chen tiba di rumah sakit pukul 18.00 WIB dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 19.05 WIB. 

"Meninggal karena gagal jantung," ujar salah satu kerabat Chen, Feni Kristianti. 

Pemilik album 'Mr. Jazz' itu meninggal di usia yang ke-84 tahun. Jenazah Bubi langsung dibawa ke persemayaman Tionghoa Ie Wan di Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang. 

"Untuk menunggu anaknya dari Surabaya, lalu diadakan sembahyang. Setelah itu jenazah akan di makamkan di Surabaya," ungkap Fransiska Lani selaku ketua pelayanan rumah duka New Abadi Semarang. 

Pemusik kelahiran Surabaya tersebut diketahui sudah dua tahun tinggal di Jalan Bukit Kerinci 31 Semarang untuk menjalani perawatan di RS Telogorejo. Bubi menderita menyakit diabetes. 

Bubi Chen adalah pemusik jazz yang sudah memulai karirnya sejak tahun 1955. Pada tahun 2004, Bubi Chen menerima penghargaan Satya Lencana pengabdian seni dari mantan Presiden Megawati.  

Setahun kemudian, pada tahun 2005, Peter F. Gontha pada gelaran Java Jazz Festival yang pertama memberikan penghargaan sebagai musisi Jazz Living Legend kepada Bubi Chen. Bubi Chen juga mendapatkan Life Achievement Award dari gubernur Jawa Timur karena dinilai telah memperkenalkan Surabaya ke dunia internasional melalui musik jazz. Penghargaan tersebut diberikan pada gelaran Wismilak The Legend of Jazz yang diadakan pada awal tahun 2010.