Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Segera Investigasi Dugaan Kampanye Pilpres Terselubung Wali Kota Batam
Oleh : CR1
Kamis | 22-11-2018 | 14:04 WIB
ketua-bawaslu-batam1.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam akan melakukan investigasi dugaan kampanye pilpres terselubung Wali Kota Batam.

Dugaan kampanye tersebut disisipkan pada acara silaturahmi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam bersama masyarakat Sei Beduk penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) pada hari Selasa (19/11/2018) lalu di CC Batamindo.

Dalam video unggahan milik akun medsos atas nama Andini Fransiska Gabe yang sempat viral tersebut Rudi terdengar sedang mengkampanyekan seorang Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Nasdem dan salah calon presiden Jokowi.

"Kita akan investigasi dulu acara tersebut acara apa," ujar Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza saat berada di pembongkaran pusat logistik milik KPU Batam di Sekupang.

Lanjutnya, Bawaslu juga akan memastikan terlebih dahulu apakah walikota ada izin cutinya apa tidak, karena kalau ada izin cuti itu pada dasarnya tidak akan masalah.

"Kita pastikan dulu saat itu ada izin cutinya apa tidak, karena kan ini udah masuk masa kampanye, kalau ada izin cuti itu tidak ada masalah," jelasnya.

Hal lainnya pihak Bawaslu juga membutuhkan pihak terkait yang ada pas kegiatan tersebut. "Yang penting itu kemarin acara apa dan dimana kegiatannya," ujar Reza.

Mengenai hal ini, Reza juga berharap untuk lebih proaktif lagi perihal ini, jika memang ada kampanye yang menyelahi aturan, Dia berharap warga segera membuat laporan dan mengisi form pelaporannya.

"Untuk dugaan Rudi ini, apa hanya sebatas share-share atau apakah sudah dilaporkan," tutupnya.

Editor: Yudha