Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parlemen Belanda Tolak Rencana RI Beli Tank Leopard
Oleh : Dodo
Kamis | 16-02-2012 | 15:17 WIB

BATAM, batamtoday - Parlemen Belanda menyatakan penolakannya atas rencana Pemerintah Republik Indonesia membeli 100 unit tank Leopard dari negeri Kincir Angin tersebut.

"Parlemen Belanda secara resmi sudah menolak, dan jika (pembelian-red) itu terus dilakukan maka mereka akan mengajukan mosi tidak percaya kepada Pemerintah Belanda," kata TB Hasanuddin, anggota Komisi I DPR RI di sela-sela peresmian operasional KRI Kujang, Kamis (16/2/2012). 

Hasanuddin menyebutkan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo sudah menyampaikan kepada dirinya jika memang Parlemen Belanda menolak, Indonesia tidak akan memaksakan. 

"Kalau dijual ya kita beli, tetapi kalau tidak ya kita cari lainnya," tambahnya. 

DPR sendiri, lanjutnya, menyikapi rencana pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari luar negeri memiliki berberapa syarat yang harus dipertimbangkan. 

Hasanuddin menyebut bagaimana jaminan purna jual dari alutsista tersebut alias tidak ada embargo dari negara produsen, harga alusista yang visible atau layak dan ada tidaknya jaminan transfer teknologi dari produsen. 

Dia juga menyatakan hingga kini DPR masih belum bersikap dengan adanya penolakan dari Parlemen Belanda itu.