Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertamina Pastikan Pasokan Premium dan LPG di Kota Batam Tercukupi
Oleh : CR-2
Kamis | 15-11-2018 | 10:52 WIB
lpg-cukup.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I memastikan supply gas LPG 3 Kg dan bahan bakar jenis Premium di area Batam, Kepulauan Riau sesuai dengan kuota dan dipastikan aman.

Rata-rata penyaluran gas LPG 3 Kg untuk Batam adalah sebesar 35.850 tabung atau 107.550 MT per hari. Selama bulan November ini, sudah ada penambahan alokasi gas LPG 3 Kg sebanyak 60.020 tabung atau 180.060 MT.

Terdapat 11 agen yang menyalurkan gas LPG 3 Kg di wilayah Batam, tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) serta 1.804 pangkalan resmi yang tersebar di 12 kecamatan wilayah Batam.

Harga Eceran Tertinggi di wilayah Batam sebesar Rp18.000 per tabung.

Branch Marketing Manager Pertamina Wilayah Kepri, Oos Kosasih memastikan ketersediaan gas LPG 3 Kg tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat yang tidak mampu di Batam.

"Pertamina memastikan gas LPG 3 Kg tetap aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tidak mampu serta tidak ada pengurangan pasokan di Batam. Pertamina juga menyalurkan gas LPG 3 Kg sesuai kuota yang telah ditetapkan pemerintah dan apabila penyalurannya tepat sasaran, maka seharusnya pasokan tersebut sangat cukup untuk penuhi kebutuhan," kata Oos Kosasih dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (15/11/2018).

Peruntukan gas LPG 3 Kg hanya bagi rakyat miskin dengan penghasilan kurang dari Rp1,5 juta per bulan atau Usaha Mikro. Bagi warga mampu, Pertamina menyediakan gas LPG non subsidi seperti Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 Kg dan Elpiji tabung biru 12 Kg serta 50 Kg untuk usaha komersial.

Pertamina juga memastikan pasokan Premium di Batam aman, terdapat 38 lembaga penyalur di Batam dengan rata-rata penyaluran hingga Oktober 2018 sebanyak 446 KL per hari atau 9% lebih tinggi dari rata-rata penyaluran tahun lalu sebanyak 410 KL per hari.

Oos mengatakan Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan Premium untuk masyarakat Batam serta tidak ada pengurangan pasokan Premium. "Pasokan Premium khususnya di Batam kami pastikan tetap aman dan tidak ada pengurangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Pertamina juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, apabila di lapangan menemui praktik kecurangan dalam pendistribusian gas LPG, Premium maupun Solar dapat melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

"Apabila di lapangan masyarakat melihat atau menemui praktik kecurangan pendistribusian gas LPG, Premium ataupun Solar bisa langsung melaporkannya kepada pihak yang berwajib," tutupnya.

Editor: Gokli