PKP

Mendag Kaget Luar Biasa Bawang Merah Asal Thailand Bebas Diperdagangkan di Pasar-pasar Batam
Oleh : CR-1
Minggu | 11-11-2018 | 14:32 WIB
mendag-kaget1.jpg honda-batam
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, kaget luar biasa melihat melihat bawang merah asal Thailand bebas beredar di pasar Pujabahari, Lubukbaja, Batam, Minggu (11/11/2018).

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, kaget bukan main melihat bawang merah asal Thailand bebas beredar di pasar-pasar di Batam, karena pemerintah tidak pernah mengimpor bawang merah dari negara Gajah Putih itu.

"Loh kok bawang Thailand ini beredar bebas di pasar, dan ukurannya juga tidak sesuai dengan ketentuan," ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Pasar Pujabahari, Lubukbaja, Batam, Minggu (11/11/2018).

Sembari memegang beberapa siung bawang merah tersebut, Enggartiasto tak henti-hentinya tersenyum sembari menggeleng-gelengkan kepala.

Harison, pedagang bawang tersebut, langsung spontan menjawab pertaanyaan Mendag Enggartiasto, "Biasalah Pak, Batam."

Enggartiasto yang belum bergenti menggeleng kepala melihat bebasnya bawang merah Birma itu diperdagangkan di Pasar Pujabahari Batam, hanya bisa diam saja mendengar jawaban si pedagang tersebut.

Kepada pewarta, saat diwawancarai, dia tak henti-hentinya mengaku kaget menemukan bawang Birma dari Thailand tersebut beredar bebas di pasaran.

Enggartiasto juga mengatakan, bahwa bawang tersebut ukurannya tidak sesuai ketentuan. "Kenapa hal ini masih ada," sesalnya.

Mendag Enggartiasto pun mengatakan akan mempelajari kondisi itu dan meminta penjualan barang dengan komoditas bawang ini dijual sesuai ketentuan.

"Beberapa waktu lalu pemerintah sudah tidak mengimpor bawang lagi. Pasalnya sekarang produksi bawang daerah sudah membaik. Bahkan kita sudah bisa mengekspor ke negara-negara luar." pungkasnya sembari bergegas melanjutkan blusukannya melihat komoditas lainnya.

Editor: Surya