Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria Cenderung Pelupa
Oleh : Liputan6
Senin | 04-10-2010 | 22:45 WIB

New York-Kehilangan kunci mobil atau lupa nama seseorang? Siapa pun dapat mengalaminya. Masalah penurunan daya ingat alias pelupa biasanya dialami orang-orang yang berusia lanjut. Berdasarkan penelitian di AS, pria cenderung lebih pelupa dibandingkan dengan wanita.

Para peneliti dari Mayo Alzheimer's Disease Research Center di Rochester, Minnesota menemukan bahwa sekitar 19 persen pria berusia 70 hingga 89 tahun mengalami penurunan ingatan, dibandingan wanita yang berjumlah 14 persen.

Orang-orang dengan gangguan kognitif ringan memiliki masalah dengan memori, tetapi dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dan umumnya menyadari bahwa mereka lupa.

Seorang peneliti Ronald Petersen mengatakan, sebuah studi juga melaporkan bahwa pria 50 persen lebih tinggi terserang penyakit memori ini. "Perbedaan gender ini agak mengejutkan kita karena kebanyakan orang percaya bahwa perempuan berisiko lebih tinggi daripada laki-laki," kata Petersen.

Penurunan daya ingat umumnya terjadi pada orang tua tetapi penelitian juga membuktikan bahwa ternyata bahwa orang-orang yang berpendidikan tinggi lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit pelupa.

Meskipun tidak ada obat yang tersedia untuk merawat kerusakan kognitif ringan, Petersen mengatakan perubahan gaya hidup bisa memiliki efek positif. Dia merekomendasikan membaca, nonton film ke bioskop, menjaga hubungan dengan teman dan keluarga, serta makan makanan sehat dan berolahraga.

"Ada beberapa data yang menunjukkan bahwa beberapa perubahan gaya hidup dapat bekerja," katanya.(reuters/MEL)