Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nikmati Sambal Plecing Khas Lombok di Batam Center
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 06-11-2018 | 09:04 WIB
makan-iwan1.jpg Honda-Batam
Masakan khas Lombok sambal plecing. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Indonesia sangat terkenal dengan makanan pedas dari berbagai daerah, yang memiliki ciri khas masakan pedas dan menggugah selera. Di antaranya, masakan khas Lombok yakni sambal plecing.

Masakan Lombok sambal plecing ini berada di kawasan Batam Center, Komplek Ruko Citra Indah Blok A5 no 2.

"Sambal Plecing itu khasnya dari rasa pedasnya. Sambal mentah khas Lombok, dan biasanya menggunakan cabai setan," ujar May selaku koki Ja_Lom Resto (makanan khas Lombok).

Salah satu bahan utama yang nikmat dengan campuran sambal plecing adalah ayam goreng. Dimana ayam goreng dibumbui dengan bumbu ungkep terlebih dahulu. Hal ini agar daging ayam empuk, dan kaya akan bumbu pula.

Dan salah satu ciri khas dari sambal plecing juga adalah adanya potongan kacang panjang mentah di dalam sambalnya. Selain ada cabai setan, sambal juga dilengkapi dengan tomat, dan bisa ditambah dengan bawang merah jika suka. "Hanya Rp22 ribu satu porsi sambal plecing," ujarnya.

Untuk melengkapi kenikmatan sambal plecing, bisa ditambah dengan perasan air jeruk sambal. Air jeruk sambal diperas di atas sambal plecing yang sudah berbaur dengan ayam gorengnya.

Tidak hanya terasa pedas, tetapi sambal ayam goreng sambal plecing mempunyai rasa gurih, dan crunchy dari potongan kacang panjangnya. Selain tomat, perasan air jeruk sambal membuat ayam goreng semakin enak dan segar. Apalagi ditambah dengan lalapan timun dan kemangi.

"Jadi sambalnya bisa dihidangkan terpisah dengan ayam goreng. Atau juga bisa disatukan dengan ayam gorengnya. Saat mau makan, baru dibuat sambalnya, jadinya fresh," pungkasnya.

Editor: Surya