Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harus Lampirkan Kartu Keluarga

Pencaker Keluhkan Syarat Melamar di KIB Lobam
Oleh : Harjo
Rabu | 24-10-2018 | 15:28 WIB
lamaran-kerja1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Syarat lamaran kerja di PT Sanden Elektronik Indonesia. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pencari kerja di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam mengeluhkan syarat untuk melamar kerja. Tidak seperti biasanya, pelamar saat ini harus melampirkan kartu keluarga (KK) saat melamar. Hal ini dirasa aneh karena sebelumnya tidak pernah diminta.

Santi, salah satu pelamar di PT Sanden Elektronik Indonesia mengatakan merasa aneh karena diminta KK. Padahal dari belasan perusahaan yang ada di KIB Lobam baru ini yang menerapkan syarat seperti itu.

"Rasanya aneh kalau pelamar harus menunjukkan KK. Karena syarat terbitnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) jelas harus terlebih dahulu ada KK. Ini kesannya terlalu mengada-ada," ungkap Santi belum lama ini.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) SBSI Bintan, Hendro Suseno menilai hal itu sebagai sebuah bukti semakin sempitnya peluang kerja di KIB Lobam. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak perusahaan yang hengkang.

"Itulah dampak sulitnya mencari kerjaan, sehingga syarat bagi pelamar pun sudah mulai dibuat aneh-aneh. Karena pada prinsipnya, sebelum terbit KTP harus memiliki KK. Kita tidak mengatahui niat perusahaan, tapi hal seperti ini sangat langka," imbuhnya.

Mengingat baru satu perusahaan ini yang menjadikan syarat lamaran kerja mesti mencantumkan kartu keluarga.

"Semoga hal seperti ini jadi koreksi kita bersama, karena sudah seharusnya pencari kerja justru dipermudah, bukan dipersulit dan terkesan dipermainkan," pungkasnya.

Editor: Yudha