Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trik Hadapi Anak Susah Makan Ala Nagita Slavina
Oleh : Redaksi
Sabtu | 20-10-2018 | 16:40 WIB
nagita-slavina1.jpg Honda-Batam
Nagita Slavina. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Selebriti Nagita Slavina mengakui kerap mengalami kendala saat anaknya, Rafathar Malik Ahmad sedang susah makan. Nagita mengakui ia mesti pintar-pintar menyiasati makanan agar kebutuhan nutri sang buah hati tetap terjaga.

Perempuan yang akrab disapa Gigi ini mengakui jika Rafathar kerap memilih-milih makanan yang diinginkannya. Kondisi yang dikenal juga dengan istilah picky eater ini lumrah terjadi pada anak-anak.

Nagita bercerita Rafathar yang saat ini sudah memasuki usia 3 tahun pernah tidak mau makan dan hanya ingin minum susu saja.

"Pernah Rafathar maunya minum susu terus. Enggak mau makan nasi, enggak mau semuanya, maunya susu aja," ucap Nagita dalam konferensi pers Susu Curcuma Plus di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Istri Raffi Ahmad ini pun lantas khawatir melihat kondisi Rafathar yang hanya minum susu dan kebutuhan gizi seimbang tidak terpenuhi.

"Iya pastilah khawatir, takut dan deg-degan. Terus gizinya gimana sekarang kan banyak penyakit aneh-aneh dan aku pengennya Rafathar sehat terus," tutur Nagita.

Ia mengaku kerap aktif mencari informasi dengan membaca dan berkonsultasi dengan dokter. Walhasil, ia mengatahui bahwa keinginan anak tak bisa dipaksakan.

Menghadapi kondisi tersebut, ia harus memutar otak dan mencari cara dengan mengganti menu makanan untuk menarik perhatian sang anak. Sebagai contoh, ia kerap mencampur sayur dan buah-buahan untuk dijus demi memastikan asupan gizi Rafathar mencukupi. "Misalnya, sayur jadi badut."

Disamping mencampur menu makanan, ia juga kerap memperlihatkan buku cerita bergambar makanan untuk memperkenalkan menu bagi bagi sang anak. Dengan cara itu, ia mengakui jika Rafathar menjadi tertarik menjajal makanan baru.

"Untungnya Rafathar ini senang mencoba makanan baru. Enggak apa kalau enggak suka yang penting cobain dulu," ujar Nagita.

Menurutnya, ia juga kerap melibatkan Rafathar untuk bereksperimen dengan memasak bersama untuk meningkatkan minat terhadap satu menu. Kini, ia mengakui lebih bisa mengatasi anak pertamanya dengan banyak cara. Disamping, Rafathar juga mulai memiliki kebiasaan yang teratur.

Gigi bercerita aktivitas Rafathar yang dimulai dengan sarapa pada pukul 7.30 pagi, dilanjutkan makanan ringan sebagai bekal untuk dimakan saat sekolah. Siang hari sebelum tidur, Rafathar akan makan siang dan makan malam pada pukul 18.00.

"Menunya sehari ada telur, kalau pagi kadang roti, siang dan malam makan nasi dan lauk. Rafathar sukanya daging, udang dan ikan," pungkas Nagita.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha