Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PMI Sebut Masih Ada Daerah Terkena Gempa Palu Belum Tersentuh Bantuan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-10-2018 | 17:04 WIB
gempa-donggala12.jpg Honda-Batam
Gempa di Donggala. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Palang Merah Indonesia atau PMI mencatat kurang lebih ada tujuh kecamatan di wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, yang belum tersentuh bantuan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat PMI Pusat Aulia Arriani mengatakan belum meratanya bantuan karena sulitnya transportasi untuk menjangkau daerah-daerah tersebut. Ia menuturkan, kendaraan sulit dicari karena masyarakat sendiri juga membutuhkan kendaraan, seperti mobil dan motor, untuk kepentingan pribadi.

"Banyak kendaraan milik warga, tapi sulit disewa," ujar Aulia di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 6 Oktober 2018.

Selain itu, Aulia bercerita, ada beberapa daerah di Donggala yang masyarakatnya tinggal di pesisir pantai, rumahnya rata dengan tanah setelah tsunami menerjang. Mereka yang selamat lari ke daerah pegunungan.

"Nah, di sana belum dapat bantuan kami, belum dapat kami tangani," kata Aulia. Kendati demikian, ia memastikan timmya akan terus berusaha menjangkau wilayah-wilayah yang belum terjamah itu.

Meski begitu, Aulia memastikan, PMI terus berupaya menjangkau wilayah-wilayah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengerahkan transportasi melalui udara. Pihaknya pun sudah menggunakan helikopter untuk mengirimkan bantuan dalam beberapa hari terakhir.

"Dua hari lalu kami dropping roti dengan helikopter dua unit, tapi kami enggak bisa turun jadi cuma sebentar," ucap Aulia.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha