Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Tersisa Rp88,4 M, Lingga dan Anambas Paling Lambat Serap Dana Desa
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 05-10-2018 | 18:40 WIB
edi-sutriono.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Dirjen Perbendaharan Negara Provinsi Kepri, Edi Sutriono. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Provinsi Kepri mengatakan, dari Rp221,3 miliar alokasi dana APBN untuk 275 desa di Kepri, hingga saat ini, telah tersalur dari kas negara ke kas daerah dan kas desa sebesar 60 persen atau Rp133 miliar hingga tahap I dan II, Januari-September 2018.

Sementara sisanya, 40 persen atau sekitar Rp88,4 miliar akan disalurkan pada tahap II, Desember 2018.

Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Dirjen Perbendaharan Negara Provinsi Kepri, Edi Sutriono mengatakan, dari 275 desa penerima dana dari APBN di Kepri, desa di Kabupaten Natuna merupakan satu-satunya kabupaten yang telah menyalurkan dana desanya hingga tahap III atau 100 persen dari kas negara ke kas daerah yang selanjutnya ke kas desa.

"Seluruh total dana desa yang diperoleh hingga saat ini, sudah disalurkan ke Kabupaten Natuna hingga tahap III sudah dikucurkan ke seluruh desa," ujar Edi Sutrisno pada wartawan belum lama ini.

Sedangkan penyerapan dana desa di 5 kabupaten lain di Kepri yang paling lambat dan kecil, tambah Edi, adalah Kabupaten Lingga dan Anambas. "Serapanya pada tahap II ini masih di bawah 3 kabupaten lainya dari progres yang diharapkan pemerintah," jelasnya.

Dikatakan Edi, penyaluranya hingga saat ini ke kas desa masih belum seluruhnya.

Editor: Gokli