Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jamin Pelayanan Birokrasi, Kemendagri Turunkan Tim ke Palu dan Donggala
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 01-10-2018 | 14:52 WIB
tjahjo-wiranto1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menkopolhumkam Wiranto. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri akan membuka posko pelayanan dari tingkat provinsi sampai kota untuk menjamin pelayanan pemerintahan kepada masyarakat tetap berjalan.

Di posko pelayanan tersebut akan diisi ASN dari kementerian yang dikirimkan untuk membantu pemerintah provinsi dan kota dalam birokrasi pemerintahan.

"Saya sangat prihatin melihat kondisi di Palu dan Donggala. Namun masyarakat jangan khawatir, kami akan segera membuka posko pelayanan dari tingkat provinsi sampai kota untuk menjamin pelayanan pemerintahan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Minggu(30/9/2018).

Langkah cepat yang ditempuh ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan presiden kepada menteri terkait untuk bekerja sesuai tupoksi masing-masing ke lokasi terdampak bencana.

"Posko tersebut nantinya akan diisi oleh petugas dari ASN Kemendagri yang direncanakan akan terbang ke wilayah terdampak gempa. Tim tersebut akan berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat," jelas Tjahjo.

Tjahko menjelaskan bahwa melihat kondisi Palu dan Donggala saat ini, Tim yang akan berangkat dari Kemendagri nantinya akan membawa peralatan sendiri, Misalnya membawa tenda dan lain sebagainya dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Harapan besar kita, semoga kota ini akan segera pulih kembali, semoga masyarakat dapat segera terlayani dengan baik," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kader PDIP ini juga mengucapkan bela sungkawa atas kejadian bencana di Palu dan Donggala.

"Doa akan selalu kita panjatkan untuk warga Palu dan Donggala, karena kita adalah keluarga, semoga kita semua diberikan kesabaran dan kembali bangkit membangun Palu dan Donggala," tutup Tjahjo.

Editor: Yudha