Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LSM Jangan Mencari Keuntungan Pribadi
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 08-02-2012 | 12:16 WIB
Kombes-Pol-Karyoto.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kombes Pol Karyoto, Kapolresta Barelang.

BATAM, batamtoday - Terkait perampokan yang diotaki oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kapolresta Barelang Kombes Pol Karyoto menegaskan supaya tidak mencari keuntungan pribadi mengingat akhir-akhir ini ada oknum LSM yang melakukan pemerasan dan perampokan. 

"Kita tidak salahkan LSM-nya, tapi oknumnya yang bermasalah. Jangan LSM digunakan untuk mencari keuntungan pribadi," kata Karyoto saat memantau aksi demo karyawan PT Varta di kawasan Batamindo, Rabu (8/2/2012) siang. 

Karyoto mengatakan ada beberapa kasus yang ditangani pihak kepolisian yang dilakukan oleh oknum LSM, seperti kasus pemerasan terhadap Bupati Karimun, Nurdin Basirun yang dilakukan mantan Gubernur LIRA Kepri, Budi Sudarmawan dan perampokan di Anggrek Mas 2 yang diotaki ketua LSM Peduli Nusantara, Dedy. 

"Kalau masalah LSM banyak kita bersukur, namun oknumnya ini yang tidak paham LSM mencari keuntungan pribadi," katanya. 

Karyoto juga berharap dengan adanya kasus sekarang ini dapat menjadi pelajaran bagi LSM lain, supaya melakukan apa yang menjadi tujuan dari LSM itu, dan bukan mencari keuntungan pribadi. 

"Jangan menjadi lembaga masyarakat yang menguntungkan diri sendiri. Kalau ada dugaan korupsi laporkan saja mudah-mudahan jaksa dan penyidik bisa mengupayakan uang itu kembali kepada Negara," pungkas Karyoto.