Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nikmati Sensasi Baca Buku di Roemah Pohon Batu Besar
Oleh : CR2
Sabtu | 29-09-2018 | 12:40 WIB
roemah-pohon1.jpg Honda-Batam
Membaca sambil menikmati suasana alam di Roemah Pohon Batu Besar. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di Batu Besar, tepatnya di Kampung Panglong, belakang kantor Lurah Batu Besar terdapat sebuah tempat yang sangat bagus untuk bersantai bagi masyarakat Kota Batam yang jenuh dari hiruk pikuknya kepadatan kota.

Berada di lahan yang datar, ada beberapa pondok berkayu di atas pohon yang cukup besar dan kita sering sebut dengan rumah pohon. Begitulah sebutan dengan tempat ini, terkenal dengan namanya Roemah Pohon. Berdiri di atas tiga pohon akasia yang besar, setiap rumah pohon mempunyai ciri khas masing-masing dan ukuran yang berbeda-beda di setiap tempatnya.

Berdiri rumah pohon pertama pada tahun 2013, saat ini berisi barang-barang antik seperti mesin tik dan beberapa barang antik lainnya, dilanjutkan pada tahun 2014, rumah pohon ini sering dijadikan objek foto untuk kalangan anak muda karena berada di posisi tengah membuat rumah pohon ini terlihat lebih elegan karena adanya berbagai ornamen klasik yang di pajang di dinding rumah pohon ini.

Dilanjutkan pada tahun 2017, rumah pohon yang satu ini menjadi rumah pohon tertinggi dan saat ini dijadikan tempat koleksi buku, didapatkan dari berbagai tempat dan pemberian buku dari setiap pengunjung membuat tempat yang satu ini dapat membuat pengunjung tidak akan menyesali mendatangi tempat ini.

Di bawah pohon yang rindang ada beberapa meja dan kursi yang terbuat dari batang pohon yang sudah tidak terpakai. Di sisi lain, ada meja kayu dengan kursi dari batu semen, dan di bagian bawah, rindang dengan banyaknya pohon-pohon, selain itu juga banyak ornamen klasik yang digantung disetiap tempat di Roemah Pohon ini seperti Dream catcher dan beberapa ornamen yang akan memanjakan mata para pengunjung lainnya.

Selain itu di bagian bawah juga terdapat warung kopi untuk setiap pengunjung yang mendatangi Roemah Pohon ini, di tempat ini terdapat berbagai jenis biji kopi yang sudah siap diracik sesuai dengan keinginan para pengunjung. Jauh dari keramaian dan rindangnya pepohonan di sekitarnya membuat tempat satu ini menjadi salah satu tempat ngopi terbaik di Kota Batam.

Di sana juga terdapat tempat yang dipenuhi dengan tanaman organik, walaupun tidak terlalu besar, di kelilingi tanaman berwarna hijau akan membuat pandangan terasa sejuk, di dalam tempat tanaman organik tersebut terdapat berbagai macam sayuran dan herbal.

Mahfud, laki-laki kelahiran 1982 asal Kota Batam ini adalah orang dibalik berdirinya Roemah Pohon ini mengatakan, berdirinya tempat tersebut karena beberapa kisahnya dimasa kecil dan ingin di wujudkan sekarang untuk membangun rumah pohon.

"Awalnya tempat ini saya buat hanya untuk nostalgia saya saja karena sewaktu kecil sering membangun tempat bermain di atas pohon," kata Mafud.

Dirinya mengatakan bahwa membangun rumah pohon ini tidak disangkanya akan berkembang dan dikenal untuk seluruh kalangan masyarakat di Kota Batam.

"Kemarin juga pernah dijadikan tempat foto pernikahan, selain itu juga sering dijadikan tempat diskusi untuk anak-anak muda Kota Batam dan terus berkembang sampai dengan sekarang," tutupnya.

Untuk para pengunjung tetapi jangan khawatir, kenikmatan bersantai di Roemah Pohon ini bisa kamu dapatkan dengan gratis alias tidak di pungut biaya, tunggu apa lagi.

Editor: Yudha