Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas U-16 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-16
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 28-09-2018 | 08:04 WIB
timnas_u16.jpg Honda-Batam
Timnas U-16

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 memastikan langkah ke perempat final Piala AFC U-16. Timnas U-16 bermain imbang 0-0 melawan India pada laga terakhir Grup C di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/9/2018).

Hasil ini menempatkan David Maulana dkk sebagai juara Grup C. Timnas U-16 mengumpulkan nilai lima dari tiga laga, hasil sekali menang dan dua kali imbang. India mengikuti jejak Indonesia lolos sebagai runner-up Grup C. India mengumpulkan nilai lima, hanya kalah selisih gol dari timnas U-16.

Hasil imbang ini membuat kemenangan besar Iran 5-0 atas Vietnam menjadi sia-sia. Sebab, Iran hanya menempati peringkat ketiga dengan nilai empat. Vietnam menjadi juru kunci dengan nilai satu.

Pada laga perempat final, timnas U-16 akan menghadapi runner-up Grup D. Posisi akhir di klasemen Grup D baru akan ditentukan Jumat (28/9/2018), dengan Irak, Australia, dan Korea Selatan berpeluang lolos dari grup ini.

Jalannya pertandingan

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini menurunkan trio Amiruddin Bagus, Sutan Zico dan Mochammad Supriadi di lini depan skuatnya. Supriadi kembali mengisi tim utama setelah pada laga kedua melawan Vietnam, Senin (24/9/2018), baru dipasang pada menit ke-87 karena cedera. Sementara bagi Sutan Zico, laga melawan India menjadi kesempatan perdananya bemain dari menit pertama di Piala AFC U-16.

Dari kubu India, pelatih Bibiano Fernandes juga menurunkan para pemain terbaiknya, seperti sang kapten Vikram Partap yang sudah mengemas satu gol, gelandang Ravi Bahadur dan penyerang Bekey Oram-Ridge Melvin.

Dengan komposisi pemain seperti itu, Indonesia menguasai pertandingan sejak awal babak pertama. Sektor sayap kiri yang diisi Supriadi beberapa kali berhasil merepotkan pertahanan India. Dua peluang melalui tendangan David Maulana dan Amiruddin Bagus masing-masing di menit ke-14 dan ke-19 menjadi peluang Indonesia tidak tepat sasaran.

Pada menit ke-30, kerja sama satu-dua Bagus dan Supriadi juga belum berhasil menjadi gol karena kiper India Niraj Kumar menjemput bola lebih cepat meski Supriadi dalam kondisi bebas di depan gawang.

Dua belas menit kemudian, Bagus yang diplot sebagai sayap kanan sempat melepaskan tendangan dari sisi kiri pertahanan India, tetapi melebar dari gawang. Skor 0-0 pun bertahan sampai jeda pertandingan.

Pada awal babak kedua, India memberikan efek kejut. Setelah sepanjang babak pertama memilih bertahan dan mengandalkan serangan balik, India memberikan tekanan ke pertahanan timnas U-16. Beberapa kali gawang Ernando Ari mendapatkan ancaman. Beruntung, lini belakang timnas U-16 bisa menghalau bola pada momen-momen krusial.

Keluar menyerang membuat ada celah tercipta di lini tengah dan pertahanan India. Ini dimanfaatkan Sutan Zico dkk untuk melancarkan serangan berbahaya. Alhasil, India kembali menerapkan permainan menunggu untuk melakukan serangan balik.

Indonesia masih kesulitan membongkar rapatnya pertahanan India. Melihat kebuntuan timnya, Fakhri Husaini memasukkan Rendy Juliansyah pada menit ke-73 menggantikan Amiruddin Bagus Kahfi dan membuat formasi Indonesia berubah dari 4-3-3 ke 4-2-3-1.

Pada menit ke-77, Rendy sempat mengancam pertahanan lawan melalui tendangan bebas, namun masih melenceng.

Brylian sempat memperoleh kesempatan pada menit ke-87, tetapi tendangannya dari luar kotak penalti melambung di atas gawang India.Tak ada gol yang tercipta setelahnya. Skor 0-0 tak berubah sampai wasit Ahmad Yacoub Ibrahim dari Yordania meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-16: Ernando Ari, Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (kapten), Andre Oktaviansyah, Sutan Zico, Mochammad Supriadi (75', Muhammad Salman), Brylian Negietha, Amiruddin Bagus (73', Rendy Juliansyah).

India U-16: Niraj Kumar, Moirangthem Thoiba, Shabas Ahammed, Gurkirat Singh, Vikram Partap (kapten), Ravi Bahadur Rana (88', Lalrokima), Bekey Oram, Ridge Melvin (90+2', Harpreet), Givson Singh (68', Lalchhanhima Sailo), Ricky John, Bikash Yumnam.

Editor: Surya