Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Filmkan Novel Pramoedya, Mira Lesmana Cari Investor
Oleh : Redaksi/detikHot
Senin | 06-02-2012 | 15:45 WIB
bumi_manusia.jpg Honda-Batam

Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. 

JAKARTA, batamtoday - Produser Mira Lesmana sedang menyiapkan proyek film yang diangkat dari buku karya Pramoedya Ananta Toer berjudul 'Bumi Manusia'. Saat ini, Mira masih mencari investor untuk film berbiaya Rp 20 miliar itu. 

"Masih cari dana, investor belum dapat," ujar Mira kepada detikhot, Senin (6/2/2012). 

Mira dan timnya telah melakukan observasi serta mencari referensi sebagai persiapan pra produksi selama dua tahun terakhir. Sementara soal bujet yang mencapai Rp 20 miliar, produser berusia 47 tahun itu ingin memberikan yang terbaik untuk film tersebut. 

Cerita dalam 'Bumi Manusia' mengambil setting antara 1875 sampai 1905. Menurutnya, butuh banyak dana untuk menyiapkan kostum, set dan dana development. 

Saat ini, Mira dan timnya sudah menyiapkan skenario yang ditulis Jujur Prananto. Proses casting pemain dan mencari lokasi film yang tepat juga sudah dilakukan. 

"Tapi untuk pemain belum lock," tambahnya. 

Mira mengaku tertarik mengadaptasi 'Bumi Manusia' karena memiliki cerita bagus tentang bibit intelektual muda Indonesia sebelum era Budi Utomo. Buku tersebut ditulis Pramoedya Ananta Toer ketika masih mendekam di Pulau Buru pada 1975 silam. 

Meskipun sempat dilarang beredar, Bumi Manusia telah menuai sukses dengan 10 kali cetak ulang dalam setahun pada 1980-1981. Sampai tahun 2005, buku ini telah diterbitkan dalam 33 bahasa.