Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Sebut UU Provinsi Kepulauan Majukan Wilayah Maritim
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-09-2018 | 13:08 WIB
gub-nurdin117.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun berpendapat UU Provinsi Kepulauan dibutuhkan agar wilayah maritim semakina maju.

Nurdin yang juga Ketua Badan Kerja Sama Provinsi Kepulauan berharap RUU Provinsi Kepulauan segera disahkan DPR RI sehingga dapat dipergunakan.

"Tentu harapan kami UU ini memberi warga baru untuk mempercepat pembangunan di wilayah maritim. Ini akan berbanding lurus dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya, Senin (10/9/2018).

Menurut dia, UU ini tidak hanya mengatur pembangunan, melainkan juga pola penghitungan dana dari pusat ke provinsi serta kabupaten dan kota. Selama ini, penghitungan dana transfer dari pusat ke daerah sangat dipengaruhi luas daratan dan lautan. Dengan adanya UU Provinsi Kepulauan ini, maka penghitungan seharusnya dipengaruhi luas lautan.

"Kami memberi apresiasi atas komitmen DPR untuk membahas dan mengesahkan RUU Daerah Kepulauan pada tahun ini juga. Itu tergambar dari terbentuknya Pansus," ujarnya.

Gubernur Nurdin mengemukakan dbahwa dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan gubernur provinsi kepulauan seperti Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Pertemuan ini penting untuk melahirkan kesepakatan yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat dan DPR.

Sumber: Diskominfo Kepri
Editor: Yudha